Amatir Radio Internasional Meriahkan Hari Jadi ke-168 Kabupaten Cilacap dengan Stasiun Acara Khusus

img 20240317 wa0012

CILACAP, Revolusinews.com – Dalam semangat persaudaraan internasional, para amatir radio dari berbagai negara bersatu padu merayakan Hari Jadi ke-168 Kabupaten Cilacap.

Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI) Lokal Cilacap, dengan izin dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo, sukses menggelar Stasiun Acara Khusus (Special Event Station) yang berlangsung selama enam hari, dari tanggal 4 hingga 10 Maret 2024.

Stasiun acara dengan panggilan khusus 8A168CLP telah memancarkan semangat perayaan ini dan berhasil menarik partisipasi 1.294 amatir radio dari dalam negeri serta mancanegara, termasuk Jepang, Italia, Korea Selatan, Amerika Serikat, Rusia, Thailand, China, India, dan Filipina.

Koordinator kegiatan, Muhammad Muhdor (callsign YC2OBF), menyatakan kegembiraannya atas keberhasilan acara ini. 

“Kami sangat terhormat dengan partisipasi dari berbagai negara yang telah ikut serta dalam memeriahkan hari jadi Kabupaten Cilacap,” ujarnya, Senin (11/4/2024)

Operator-operator radio seperti David P. Priyatmoko (YC2PSJ), Mahmud Saefi (YD2AQQ), M. Muhdor (YC2OBF), Astuti Hendrarti (YD2ADH), dan ERA YUNI P. (YC2BXX), dibantu oleh asisten operator Rian (YD2TDH), Sapardi (YD2PAR), Singgih Kuncoro (YD2LJH), dan Rohmat Rohadi (YD2DFB), telah bekerja keras memastikan kegiatan berjalan lancar.

Ketua ORARI Lokal Cilacap, Anwar Fauzi, S.H. (YB2CAA), dalam penutupannya mengatakan, Stasiun Acara Khusus ini bukan hanya tentang perayaan, tapi juga tentang peningkatan pengetahuan dan keterampilan anggota ORARI.

“Kami juga berharap kegiatan ini dapat lebih mempererat tali silaturahmi antaranggota dan mitra strategis, serta turut mempromosikan pariwisata di Kabupaten Cilacap,” ujarnya.

Perayaan ini tidak hanya menandai kemajuan teknologi dan komunikasi, tetapi juga menunjukkan kekuatan komunitas radio amatir dalam membangun jembatan persahabatan lintas negara.