Bupati Sukabumi Buka Diseminasi Pendalaman Tugas Aparatur

bupati sukabumi revolusinews revolusi news

SUKABUMI, Revolusinews.comBupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka acara diseminasi pendalaman tugas aparatur kecamatan dan kelurahan 2022 di Aula Bumi Mandiri Sukabumi Jalan Cisaat Kadudampit Desa Sukamaju Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi Rabu (23/11/2022).

H. Marwan menyebutkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di pemerintahan bukan sekadar pintar. Menurutnya, kepintaran SDM harus dibarengi dengan kebijaksanaan. Tak hanya itu saja, birokrat pun harus lincah dalam menyikapi persoalan. Apalagi di tengah sistem yang dinamis.

“Sistem birokrasi itu selalu berubah seiring perkembangan zaman. Seperti yang saat ini mengarah ke era digitalisasi,” ucapnya.

Oleh karena itu, dikatakan Bupati, diseminasi ini menjadi sebuah penguatan dalam menyikapi berbagai hal ke depan. Terutama dalam inovasi yang dimungkinan bisa meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, termasuk dari sisi investasi.

“Sistem kinerja kita membutuhkan kebersamaan dan kekompakan. Maka dari itu, kuncinya adalah komunikasi,” ungkapnya.

Dari sisi peningkatan kesejahteraan masyarakat misalnya, para aparatur ditingkat kecamatan dan kelurahan harus mencermati potensi di wilayahnya. Baik dari potensi pariwisata, pertanian, maupun UMKM.

“Potensi yang ada terus dikembangkan. Kreatifitas pelaku UMKM ini kumpulkan dan ciptakan pasarnya. Sebab, permasalahan pelaku UMKM kebanyakan dari sisi pemasaran nya,” bebernya.

Korelasikan pariwisata dengan sektor pertanian dan UMKM. Sehingga, pelaku UMKM dan para petani bisa menjual komoditasnya di sektor pariwisata. “Ketika semua ini berjalan, akan ada nilai lebih dari apa yang kita jual. Semisal di Kecamatan Kadudampit yang potensinya pariwisata serta pertanian. Semua itu bisa dikorelasikan dengan wisata memetik tanaman,” jelasnya.

“Konektivitas infrastruktur sangat penting. Hal itu untuk menunjang potensi yang berada ditempat tersebut. Ketika konektivitas jalan, misalnya bagus, semua yang berada di wilayah itu akan terangkat. Jadi konektivitas ini sangat penting,” imbuhnya.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Setda Kabupaten Sukabumi Sendy Apriadi mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian yang ketiga kalinya dilaksanakan. Pelaksanaan ketiga ini diikuti perangkat dari tujuh kecamatan meliputi, Cibadak, Caringin, Cicantayan, Nagrak, Kadudampit, Cisaat dan Cikembar.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas perangkat kecamatan. Selain itu, untuk mengevaluasi optimalisasi di wilayah masing-masing,” jelasnya.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menggali dan mengenal lebih dekat potensi yang ada di setiap kecamatan. Dalam kegiatan ini tidak sekadar pemberian materi saja, namun ada gelar produk UMKM dari masing-masing kecamatan. Sehingga, potensi kecamatan semakin terangkat,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.