DPKUKM Gelar Bimtek Wirausaha Dukung Wirausahawan Baru

img 20240315 wa0003

CILACAP, Revolusinews.com – Sebagai bentuk dukungan kepada para wirausahawan baru, Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Cilacap menggelar Bimtek Kewirausahawan di Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Rabu (08/03/2024).

Bimtek diikuti oleh 30 peserta yang merupakan pelaku usaha baru atau calon wirausahawan.

Sebelum dimulai acara Kepala Desa Kalikudi, Nartam, menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus berterima kasih atas terselenggaranya bimtek ini. Ia juga menghimbau agar seluruh peserta dapat memperhatikan dengan seksama sehingga ilmu-ilmu yang disampaikan narasumber bisa maksimal diterima dan diterapkan.

“Semoga ilmu hari ini bisa bermafaat bagi para peserta dan bisa membantu memajukan usahanya,” ungkapnya.

Disampaikan narasumber profesional, Tri Wahyu Sungkowo, tujuan utama diselenggarakannya bimtek ini ialah untuk mengenalkan kepada para wirausawahan baru mengenai pentingnya legalitas usaha dalam bentuk Nomor Induk Berusaha (NIB).

“NIB merupakan langkah awal bagi sebuah usaha untuk mendapatkan legalitas yang lainnya seperti PIRT, Halal, Haki, BPOM, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Selain perijinan, terdapat pula tenaga konsultan dari Konsultan Kelembagaan, Konsultan Produksi, Konsultan Pembiayaan, Konsultan SDM dan Konsultan Pemasaran.

Masing-masing dari konsultan dapat membatu wirausahawan yang memiliki permasalahan dalam mengembangkan usahanya.

Tak hanya soal perijinan, narasumber juga menyampaikan materi mengenai Digital Marketing melalui Aplikasi Whatsapp.

Untuk diketahui, segala bentuk perijinan dapat diperoleh dengan cara datang langsung ke Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dibawah naungan DPKUKM Kabupaten Cilacap yang berlokasi di Jl. Dr. Sutomo No. 3, Cilacap Selatan.

Acara berlangsung lancar dan ditutup dengan pembagian hadiah bagi para peserta yang memenangkan lomba praktik membuat caption.