Inovasi Program dan Desain Pembinaan Mental Prajurit yang Komprehensif

img 20240118 wa0005

DEPOK, Revolusinews.com – Mental merupakan unsur utama dalam pembinaan prajurit disamping fisik dan intelektual, karena mental merupakan motor penggerak yang mengendalikan tingkah laku prajurit. Baik buruknya tingkah laku prajurit sangat dipengaruhi oleh kondisi mentalnya. Di dalam mental yang tangguh akan dapat mendorong tercapainya pelaksanaan tugas pokok dengan baik, sehingga dapat menunjukkan jati dirinya sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional yang patut dibanggakan oleh bangsa Indonesia. Di samping itu juga dapat meningkatkan semangat kebersamaan dalam memperkokoh hubungan kerja sama yang telah terjalin, serta meningkatkan profesionalitas para perwira Bintal dalam melaksanakan pembinaan mental di satuan masing-masing.

Oleh karena itu, Pusdiklat Prawita Genppari menyelenggarakan pelatihan selama 1 hari untuk meningkatkan integritas dan profesionalitas sekaligus membangun mental prajurit yang tangguh yaitu yang bisa meningkatkan kualitas pengabdian melalui berbagai program inovatif dalam pembinaan mental yang komprehensif dan simultan.

“Para pengemban fungsi Bintal di jajaran TNI diharapkan lebih mengoptimalkan pembinaan mental bagi prajurit TNI di satuannya secara kreatif dan inovatif, diantaranya dengan mempertajam materi-materi pembinaan mental dan mengembangkan pemahaman tentang jati diri TNI,” harap Pimpinan Pusdiklat Prawita Genppari, Dede Farhan Aulawi kepada Revolusinews.com yang diterima di Depok pada Kamis (18/1/2024).

“Indikator keberhasilannya adalah kinerja satuan meningkat dan pelanggaran prajurit menurun. Apabila pembinaan sudah dilaksanakan namun angka pelanggaran masih tinggi maka perlu dievaluasi model, cara dan materinya. Setiap kekurangan bisa diperbaiki, dan setiap persoalan dapat diselesaikan, jika setiap insan prajurit memiliki mental yang konstruktif. Disinilah pentingnya Inovasi Program dan Desain Pembinaan Mental Prajurit yang Komprehensif,” tutupnya.

Dalam pelatihan tersebut subjek pembahasannya yaitu :

  • Peran Strategis Pengemban Fungsi Bintal
  • Faktor – faktor Berpengaruh Pada Kesehatan Mental
  • Bentuk – bentuk Pembinaan Mental (Korektif & Preventif)
  • Dimensi Pembinaan (Ideologis, Ritualistik, Konsekuensial, Intelektualistik)
  • Analisis Kebutuhan Objektif Prajurit
  • Inovasi Program Bintal Berdasarkan Kebutuhan Objektif
  • Kemampuan Narasi Deskriptif dan Persuasif
  • Evaluasi Program dan Inovasi Baru

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0878 20209550

No More Posts Available.

No more pages to load.