Jumsih Pemdes Cemara Kulon Sulap Lahan Jadi Produktif

lahan produktif revolusinews

INDRAMAYU, Revolusinews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Cemara Kulon melaksanakan kegiatan rutin Jumat bersih (Jumsih) di lokasi lahan tidak produktif di Desa Cemara Kulon, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Jumat (28/10/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Cemara Kulon, Sudarno Spd, Camat Losarang Boy Billy Prima SSTP, aparatur Desa Cemara Kulon diantaranya Pamong Desa, Ketua RT, Ketua RW, Kader PKK, dan Pengurus BPD.

Di lokasi kegiatan, Camat Losarang Boy Billy Prima SSTP didampingi Kuwu Desa Cemara Kulon Sudarno SPd dan Wakil Ketua BPD Desa Cemara Kulon Dukroni mengatakan pagi ini melaksanakan kegiatan rutin yaitu Jumat bersih membersihkan lahan yang kurang produktif untuk dibersihkan.

lahan produktif revolusinews 1

“Kita manfaatkan kegiatan Jumsih untuk membersihkan lahan yang kurang produktif untuk dibersihkan, berikutnya akan dimanfaatkan hal-hal yang lebih berproduktif. Untuk dijadikan apanya, dari Pak Kuwu akan menjelaskannya,” ungkapnya.

Camat Losarang Boy Billy Prima SSTP menambahkan, kegiatan ini dalam rangka untuk melaksanakan instruksi dari Ibu Bupati indramayu Ibu Hj Nina Agustina Da’i Bachtiar yaitu terkait dengan upaya untuk menekan inflansi secara umum.

“Dengan cara mengembangkan pusat-pusat pangan (Puspa) Indramayu nanti akan bisa membuat program Puspa bermartabat. Pusat Pangan bermartabat yang pada prinsipnya memanfaatkan lahan-lahan yang tidak berproduktif yang ditanami oleh tanaman-tanaman liar kemudian semak belukar, untuk kemudian dimanfaatkan dengan tanam tanaman yang produktif seperti buah mangga, sawo, belimbing, sukun, dan lain-lain. Kemudian, ada tanaman vegetasi seperti tomat, cabe, jagung, dan lain-lain. Sehingga bermanfaat dan dinikmati langsung oleh masyarakat terutama untuk masyarakat Cemara Kulon. Syukur-syukur bisa bermanfaat untuk destinasi wisata bagi Desa Cemara Kulon,” terang Camat.

Sementara itu, Kuwu Desa Cemara Kulon Sudarno SPd mengatakan, ini agenda pertama sterilisasi persiapan lahan sebagai Taman Cemara Kulon yang rencananya sebagai tempat wisata terintregasi.

“Di sini lahan ini akan ditanami pohon produktif seperti Mangga, Jambu Air, Srikaya, Sirsak, Belimbing, Sawo dan juga pohon lainnya yang cocok ditanam dilahan Desa Cemara Kulon. Kemudian, Sayur Mayur, Palawija, terus yang lebih penting lagi akan di coba budidaya lebah madu. Akan ditanami lebah madu, seperti kembang, sebagai penunjang rencana tempat wisata. Dan ini sungainya nanti akan dijadikan sebagai tempat wisata mancing, akan ditanami ikan Kakap putih, Nila. Jadi spot mancing,” jelasnya.

“Kami berharap, supaya percepatan pemulihan ekonomi untuk menekan laju inflansi. Mudah-mudahan ini bisa menjadi mendukung program Ibu Bupati Indramayu. Pusat Pangan Indramayu bermartabat,” harapnya.

Sudarno SPd menambahkan, bahwa sampai saat ini belum sampai meminta kerjasama dengan pihak luar. “Alhamdulilah, ada suport bibit untuk pesisir, dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi. Intinya kita memulai dari swadaya dari masyarakat, swadaya desa,” ungkapnya.

“Barangkali ada dari pihak luar yang support, ya syukur Alhamdulillah. Yang lebih penting, kita siap bekerja secara materi dululah. Kalau hal untuk jangka waktu, ya secepatnya lebih baik karena ini mengejar musim tanam dan musim hujan. Begitu lahan ini sudah steril dan sudah lancar, siap tanam,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua BPD Desa Cemara Kulon Dukroni mengatakan pihaknya siap mendukung program di Desa. “Saya siap untuk membantu dan mendukung,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.