Nelayan TPI Desa Mojo Gelar Ritual Larung Sesaji

20230806 234101

PEMALANG, Rvolusinews.com – Warga nelayan TPI Desa Mojo, Pemalang, menggelar ritual Larung Sesaji sebagai bentuk tradisi sedekah bumi menyambut musim ikan yang segera tiba.

Ribuan warga dari berbagai desa di Pemalang, pecah turut meriahkan pentas dangdut Mahesa Musik dipuncak rangkaian acara yang digelar panitia sedekah laut warga Nelayan TPI Desa Mojo yang berlangsung di area tempat pelelangan ikan TPI Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (5/8/2023).

Demikian yang disampaikan Bowo, yang ikutserta sebagai sekertaris Panitia Sedekah Laut 2023, dan pentas dangdut tersebut merupakan bagian dari puncak rangkaian gebyar sedekah laut yang diadakan setiap tahun,” paparnya.

Revolusinews Pemalang melaporkan, ribuan penonton tampak memsdati panggung ketika Gerry Mahesa melantunkan lagu dangdut koplo, sontak suasana penonton menjadi renyah bagai lautan manusia yang dimabuk saweran.

Sementara itu, sejumlah personil dari kepolisian setempat dan TNI tampak berjaga-jaga di berbagai sudut untuk melakukan pengamanan penuh.

Masih kata Bowo, tasyakuran Sedekah laut tahun ini, digelar berkat kerja sama dengan dukungan seluruh masyarakat Desa Mojo dan masyarakat nelayan juga pengusaha lain hingga acara ini terlaksana,” tutur Bowo kepada Media Revolusinews, Sabtu (5/8/2023).

Dari pantauan media Revolusinews.com, hari pertama kegiatan yang diawali malam Wungon disertai pengajian umum dengan penceramah KH.Nurfuad, kemudian esok harinya di hari ke dua sehari semalam pagelaran wayang golek Ki Dalang Suwiro sekaligus melaksanakan ritual ruwatan untuk lakukan larungan sesaji di tengah laut.

Dan hari ke tiga juga sehari semalam pentas Dangdut Tarling Dessy Paraswati dari Cirebon, Jawa Barat.

Kembali dikatakan, rangkaian sedekah laut yang baru saja terlaksana, merupakan salah satu cara warga Nelayan ungkap rasa syukur kepada Tuhan YME, karena senantiasa diberikan rezeki dan keselamatan dalam melaut.

“Dangdut Mahesa Musik merupakan salah satu serangkaian gebyar sedekah laut yang biasanya diadakan setiap setahun sekali,” tutur Bowo. Karena itu, ia berharap agar berbagai rangkaian acara sedekah laut bisa membawa keberkahan dan keselamatan bagi warga Desa Mojo pada umumnya,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.