Pemkab Cilacap Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah, Fokus Kendalikan Inflasi

img 20240316 wa0008

CILACAP, Revolusinews.com – Dalam rangka pengamanan pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Puasa Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2024, Program Gerakan Pangan Murah (GPM) kembali diselenggarakan Pemkab Cilacap, Jumat pagi (15/03/2024) di Lapangan Krida Nusantara Cilacap.

GPM dilaksanakan serentak di lima Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah diantaranya Semarang, Surakarta, Tegal, Cilacap dan Banyumas.

img 20240316 wa0007

Ibadah puasa tak menyurutkan antusias ratusan warga untuk antre membeli beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dengan harga Rp 10.400/kilogramnya. Selain 6 ton beras, Pemkab Cilacap yang bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Bulog juga menyediakan komoditas lain seperti minyak goreng, telur, gula pasir, aneka sayur dan lainnya.

Disampaikan Pj. Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri, GPM diharapkan dapat mendukung upaya dalam menjaga stabilitas harga pangan dan inflasi, sekaligus sebagai perwujudan tanggung jawab sosial dari pemerintah dan dunia usaha kepada masyarakat. Meski dijual murah, bahan pangan yang dijual tetap memiliki kualitas yang baik.

“Hari ini juga kami menggelar subsidi pasar murah di Kecamatan Kesugihan dan Adipala, semoga bisa dimanfaatkan warga dengan maksimal,” jelas Pj. Bupati.

Dalam kesempatan ini, Pemkab Cilacap dan Kabupaten/Kota penyelenggara GPM lainnya juga tergabung secara virtual melalui zoom meeting Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan bersama Pj. Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (P) Drs. Nana Sudjana. Pj. Gubernur menjelaskan, angka inflasi Jawa Tengah per Februari 2024 secara tahunan berada di angka 2,98%, naik 0,29% dibanding Januari 2024 sehingga perlu menjadi perhatian bersama.

“GPM sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sejak Januari 2024, kami sudah menggelar 99 kali GPM di seluruh wilayah di Jawa Tengah. Upaya ini diharapkan tidak berhenti sampai disini namun harus selalu masiv dilakukan oleh Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Acara GPM ditutup dengan penyerahan bantuan paket sembako dari Pemkab Cilacap dan stakeholder lainnya kepada para yatim dan duafa. Pemkab Cilacap akan terus berupaya untuk menggelar kembali GPM menjelang Hari Raya Idul Fitri di seluruh Kecamatan di Kabupaten Cilacap.