Perkuat TNI AU, Lanud JB Sudirman Buka Pendaftaran Komcad untuk Umum

PURBALINGGA, Revolusinews.comDalam rangka mendukung program pemerintah upaya pembentukan komponen cadangan, Spotdirga Mabes AU melalui Lanud JB Sudirman mengadakan kegiatan sosialisasi sekaligus membuka pendaftaran sebagai Komponen Cadangan (Komcad) matra udara TA 2023 di Pendopo kecamatan Kutasari Purbalingga, Jawa Tengah pada Rabu (22/2/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Peltu M Ludfan dan Peltu Sumarto dan Serka Gudiarto sebagai pemapar Disportdirga, Camat Kutasari, Kapolsek Kutasari beserta jajarannya, Danramil Kutasari diwakili beberapa jajarannya, kepala desa di Kecamatan Kutasari, Pemuda Karang taruna maupun masyarakat umum lainnya yang berminat mendaftar sebagai komponen cadangan.

Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta yang hadir dapat bergabung menjadi Komcad Matra Udara serta menjadi kader untuk mensosialisasikan kepada kerabat dan masyarakat luas sehingga diharapkan akan memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingya untuk bergabung menjadi Komponen Cadangan (Komcad) Matra Udara.

Peltu Sumarno mengatakan, bahwa seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dapat berpartisipasi sebagai Komcad Matra Udara yang berfungsi memperkuat komponen utama yakni TNI AU untuk mengabdi dalam usaha pertahanan negara yang dilaksanakan secara sukarela. Nantinya Komcad akan digunakan dan ditugaskan apabila negara dalam keadaan darurat.

“Komponen Cadangan bukanlah wajib militer, tetapi mengabdi dalam usaha pertahanan negara secara sukarela,” ujarnya.

“Komcad merupakan personel yang disiapkan untuk membantu TNI AU dalam mengantisipasi ancaman yang datang sewaktu-waktu, sehingga merekalah yang menjadi benteng pertahanan dalam menjaga keutuhan NKRI,” tutupnya.

Bagi masyrakat yang ingin mendaftarkan diri bisa menghubgi Lanut Jb Sudirman pendaftaran dibuka 2 Januari s/d 14 April 2023 dengan persyaratan :
1. Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Setia pada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945
3. Usia 18 tahun sampai dengan 35 tahun
4. Sehat jasmani dan rohani
6. Bukan anggota TNI Polri
5. Tidak memiliki cacat kriminalitas
7. Berijasa minimal SMP/sederajat

Lampiran online :
1. Surat lamaran KTP KK SKCK surat keterangan dari lurah atau kepala desa setempat
3. Pendidikan terakhir
4. Surat Keterangan Sehat
5. Riwayat hidup
6. Surat pernyataan bersedia mengikutilatsarmil
7. Surat izin dari instansi/ perubahan/ kampus
8. Surat izin suami/ Istri
9. Foto dirimu 4 x 6 latar belakang merah

Hal tersebut berdasarkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara yang mengamanatkan mengenai usaha bela negara, komponen cadangan dan komponen pendukung yang diatur dengan Undang-undang. Amanat tersebut dilaksanakan dengan disahkannya Undang-undang 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

No More Posts Available.

No more pages to load.