Pj Bupati Cilacap Lepas 1315 Calhaj ke Tanah Suci

img 20240505 wa0012

CILACAP, Revolusinees.com – Penjabat Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri melepas 1.315 Jamaah Calon Haji Kabupaten Cilacap Tahun 1445 Hijriah/ 2024 Masehi, di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap. Jumat (3/5/2024)

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap, Muhammad Najib melaporkan bahwa Calon Jamaah Haji Kabupaten Cilacap tahun 2024 sebanyak 1.315, terdiri jamaah pria 620 orang dan jamaah perempuan 695 orang.

img 20240505 wa0011

“Calhaj Cilacap dibagi menjadi 5 kloter yakni kloter 20, 21, 22, 23, 24 dengan keberangkatan dari Solo. Keberangatan akan dimulai pada 15 dan 16 Mei 2024 dan kembali ke tanah air pada 29 Juni 2024,” terangnya.

Penjabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri dalam sambutannya menyampaikan bahwa jumlah Calhaj Kabupaten Cilacap merupakan terbanyak di eks-keresidenan Banyumas serta mengalami kenaikan sejumlah 300 lebih kuota dibandingkan tahun 2023 lalu. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Cilacap setiap tahun berupaya meningkatkan pelayanan kepada Jamaah Calon Haji.

“Tahun ini, Pemkab Cilacap telah menganggarkan dana sebesar 1,6 Milyar Rupiah yang digunakan untuk Biaya Perjalanan Ibadah Haji Petugas Haji Daerah (BPIH PHD), Transportasi Pemberangkatan dan Penjemputan dari Cilacap ke Asrama Haji Donohudan Solo, Angkutan Koper, Makan Minum selama pemberangkatan dan penjemputan serta pengawalan maupun ambulans,” jelasnya.

Lebih lanjut Awaluddin mengatakan, penambahan anggaran ini dilakukan agar tidak ada lagi tarikan yang membebani para Jamaah Calon Haji Kabupaten Cilacap. “Sehingga Bapak/ Ibu dapat khusyuk menjalankan rangkaian ibadah haji,” lanjutnya.

Pj Bupati berpesan kepada seluruh Calhaj untuk senantiasa menjaga Kesehatan dan kekompakan selama menjalankan Ibadah Haji di Tanah Suci.

“Selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para petugas kesehatan apabila ada sesuatu hal yang dirasa mengganggu kesehatannya. Jaga juga kekompakan antara jamaah dari Kabupaten Cilacap agar semua rangkaian ibadah haji berjalan dengan baik dan lancar. Semoga seluruh jamaah haji Kabupaten Cilacap dapat pulang Kembali ke rumah dengan lengkap,” harapnya.

Selain itu, Awaluddin juga berpesan kepada seluruh petugas yang mendampingi para jamaah untuk memahami tugasnya dalam melayani para Jamaah Calon Haji dalam hal ibadah, pelayanan kesehatan maupun pelayanan umum lainnya.

“Kepada para TPHI, TPIHI, TKHI dan PHD saya minta untuk memahami tugasnya dalam melayani para Jamaah Calon Haji dalam hal ibadah, pelayanan kesehatan maupun pelayanan umum lainnya. Tugas tersebut harus diutamakan serta dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan tausiyah dari K.H. Mukhlisudin Affandi.