Presiden Jokowi Serahkan 2.000 Sertifikat ke Masyarakat Cilacap dan Banyumas

img 20240102 wa0029 11zon

CILACAP, Revolusinews.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menyerahkan 2.000 sertifikat tanah kepada masyarakat Kabupaten Cilacap dan Banyumas di GOR Premium Pertamina, Cilacap, Selasa (02/01/2024).

Hadir dalam acara, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni, Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati, Kepala Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah, Dwi Purnama beserta jajaran, Pj. Gubernur Jawa Tengah beserta jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Tengah, Pj. Bupati Cilacap dan Banyumas, Kepala Kantor ATR/BPN Cilacap, Karsono beserta jajaran, Forkopimda Kabupaten Cilacap.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Lampri mengatakan, 2.000 sertifikat tanah yang diserahkan kali ini terdiri dari sertifikat hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan redistribusi tanah.

“Total sertifikat PTSL yang diserahkan sebanyak 1.122 dari dua kabupaten yaitu Cilacap dan Banyumas. Selebihnya sertifikat yang diserahkan yaitu 878 sertifikat hasil Redistribusi Tanah. Sertifikat ini dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Cilacap yang bersumber dari Tanah Timbul,” katanya.

Lampri menuturkan, bahwa teknisnya simbolis, sertifikat diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada 10 perwakilan penerima. Empat perwakilan penerima sertifikat redistribusi tanah, dan enam perwakilan sertifikat tanah PTSL.

“Dengan diserahkannya sejumlah sertifikat tersebut, maka dapat dikatakan masyarakat Kabupaten Cilacap dan Banyumas telah menerima kepastian hukum hak atas tanahnya serta hak ekonomi bagi peningkatan ekonomi masyarakat penerima sertifikat,” ujar Lampri.

Sementara itu, Kepala Kantor ATR/BPN Cilacap, Karsono menyampaikan, bahwa jajaran Kementrian Agraria dan Tata Ruang Kanwil Provinsi Jawa Tengah, jajaran Forkompimda Kabupaten Cilacap serta jajaran panitia kantor pertanahan Kabupaten Cilacap mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo yang telah menyerahkan 2.000 sertifikat tanah kepada masyarakat.

“2.000 sertifikat tanah terdiri dari 1.500 sertifikat tanah milik warga Cilacap, dan 500 sertifikat tanah milik warga masyarakat Banyumas,” ucap Karsono.

Ditambahkan, bahwa untuk warga masyarakat itu tersebar di beberapa lokasi mulai dari tanah timbul Ujung Gagak, Cilacap maupun tanah PTSL.

“Alhamdulillah, untuk kegiatan PTSL di Kabupaten Cilacap sebanyak 70 ribu bidang sudah selesai, dan sebagian besar sudah kita bagikan kepada masyarakat,” tutup Karsono.

No More Posts Available.

No more pages to load.