PWI Jakarta Utara Mantapkan Profesionalitas Jurnalis di Era Digital

img 20231027 122751

JAKARTA UTARA, Revolusinews.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Koordinatoriat Jakarta Utara menggelar konferensi perdana masa bakti 2023-2026 di Putri Duyung Cottage, Taman Impian Jaya Ancol pada, Kamis (26/10/2023). 

Konferensi ini mengusung tema “Peningkatan Profesionalitas Jurnalis di Era Digital” serta dengan semangat konferensi, PWI koordinatoriat Jakarta Utara siap meningkatkan profesionalitas dan mensukseskan Pemilu damai 2024.

img 20231027 122840

Ketua Panitia Konferensi PWI Koordinatoriat Jakarta Utara, Trias Budi menyampaikan tujuan rapat kerja ini adalah untuk meningkatkan profesionalitas jurnalisme di zaman era digital yang kalah cepat dengan media sosial. 

Meski media pers sering kali kalah cepat dengan sosial media seperti Instagram maupun TikTok dalam menyajikan informasi. Namun terkait akurasi dan kebenaran berita media pers masih terdepan. 

“Isu yang berkembang melalui sosial media itu tidak semua sesuai dengan faktanya. Jadi sebagai wartawan yang cerdas itu tidak langsung menelan mentah-mentah informasi yang beredar dari sosial media dan memperluaskan informasi yang belum tentu benar beritanya. Kita harus cek and ricek, turun ke lokasi untuk mencari narasumber yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Jangan juga membuat berita yang hoax hingga malah membuat resah masyarakat,” tuturnya

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Utara yang diwakili oleh kasi Humas Polres Jakarta Utara, AKP Ken Rustopo mengapresiasi rapat kerja yang digelar. Ia pun menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penuh keberadaan PWI Jakarta Utara dalam menjaga kemerdekaan Pers. 

“Saya mewakili bapak Kapolres tidak bisa hadir karena kesibukannya. PWI selalu beradaptasi dengan perkembangan jaman, sehingga taat kode etik jurnalis. Intinya PWI bersama polres Metro Jakarta Utara harus bersinergi dalam menangkal hoax, jadi jika ada informasi yang kurang valid, kita bisa kroschek terlebih dahulu. Solid selalu untuk PWI Jakarta Utara,” tutupnya

Dalam kesempatan ini, Ketua Penasehat PWI Jakarta, Agung Lesmono mengimbau agar para anggota PWI dapat menjujung tinggi kode etik dan marwah organisasi.

“Saya harap dengan dilakukan konferensi ini, ke depan kita dapat menjungjung tinggi profesionalitas dalam menjalani profesi sebagai wartawan. Dan, marilah kita jaga marwah organisasi pers tertua di Negara Ini, jangan negatif thinking, kalau ada permasalahan utarakan di forum jangan di belakang. “Semoga ke depan solid, mari sama-sama bersinergi dan membangun PWI Jakarta Utara,” tandasnya 

Pantauan di lokasi, acara berlangsung dengan lancar. Para peserta juga menyampaikan berbagai program kerja ke depan. Turut hadir, Dr LAKSAMANA TNI (Purn.) Dr.HM Faisal Manaf yang dinobatkan sebagai Dewan Pembina PWI Jakarta Utara, Aji Lubis yang dikukuhkan sebagai Dewan Penasehat. Kasi Humas Polres Metro Jakarta Utara, Perwakilan Forum Wartawan Kejaksaan Agung, Sekretaris PWI DKI Jakarta, Kesit B Handoyo, Ketua Bidang Hukum PWI DKI Jakarta Arman Suparman, Kadir dan lain sebagainya. 

Di sisi lain, Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim yang seharusnya menjadi sejajar mitra PWI Jakarta Utara justeru tak kelihatan batang hidungnya. Bahkan, dirinya pun tak mengirim perwakilan untuk hadir dalam acara organisasi Pers tertua di Indonesia ini. Dirinya terkesan menghindar dan tidak mau nimbrung bersama para insan Pers ini. Sebab, tak hanya pada kesempatan ini, sebelumya, ketika PWI Jakarta Utara menggelar berbagai kegiatan, sosok Walikota itu pun tak pernah muncul di permukaan. 

Sumber Kabid Humas PWI Jakarta Utara,

No More Posts Available.

No more pages to load.