Sedekah Bumi di Desa Wirakanan Blok Kemped Berjalan Lancar

sedekah bumi revolusinews

INDRAMAYU, Revolusinews.com – Pelaksanaan adat desa sedekah bumi di Desa Wirakanan Blok Kemped Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat berjalan lancar yang dilaksanakan pada Sabtu (29/10/2022) siang.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Wirakanan H Nurkat Hadikusomo mengatakan, puji syukur tentunya kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat dan nikmatnya hari ini dapat berkumpul bermuwajahah bersilaturahim dalam rangka acara sedekah bumi yang diselenggarakan oleh masyarakat blok Kemped Desa Wirakanan.

“Kami Pemerintah Desa beserta Pamong dan Staff Desa bahkan dengan pengurus BPD yang hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat yaitu sedekah bumi sebagai bentuk dukungan kami Pemerintah Desa,” ucapnya.

“Kami serombongan pada hari ini sengaja memakai kostum adat karena kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat dalam rangka acara adat. Tujuan kami memakai pakaian seperti ini tidak lain adalah untuk mengenalkan kepada generasi-generasi milineal yang dulunya tidak pernah menyaksikan orangtuanya, kakek neneknya memakai baju adat seperti ini,” sambungnya.

Dikatakannya, baju adat yang telah diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu baju komboran hitam hitam ini adalah baju adat Indramayu. Sehingga tujuan dalam acara adat memakai baju adat ini tak lain untuk mengenalkan kepada generasi muda umur 17 tahun ke bawah.

“Kami Pemerintah Desa Wirakanan mendukung dalam bentuk adat, salah satunya yaitu Sedekah Bumi atau sodakoh bumi. Kenapa sih bumi disodakohi? Ini sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT yang diberikan kehidupan di muka bumi ini,” paparnya.

Senada dengannya, Modin Desa Wirakanan Sobirin menambahkan, bahwa pelaksanaan adat desa sedekah bumi bertujuan untuk bersyukur kepada Allah SWT.

Di tempat yang sama, Sekretaris Desa Wirakanan Ali Sa’id SPdI kepada RNews, Ia mengatakan, dengan adanya adat Sedekah Bumi diharapkan rasa syukur ini dari Petani kepada Allah SWT, agar bisa diberikannya kemudahan keberhasilan dalam bercocok tanam nanti sehingga hasil yang diharapkan dari doa ini adalah semoga pertaniannya berhasil dan tentu hasilnya juga banyak yang diharapkan oleh para petani.

Sementara, Kepala Dusun Blok Kemped Desa Wirakanan Imam Sulaiman mengatakan acara sedekah bumi berjalan dengan lancar.

“Semoga pertanian di Desa Wirakanan khususnya blok Kemped bisa lebih baik lagi dari tahun kemarin dan bisa menghasilkan yang banyak,” tutupnya.

Pelaksanaan adat desa Sedekah Bumi yang diikuti ratusan warga tersebut selesainya doa bersama yang kemudian dilanjutkan simbolis pemotongan tumpeng, pengambilan lauk pauk, dan buah yang dilakukan oleh Kepala Desa Wirakanan H Nurkat Hadikusomo disaksikan oleh ratusan warga yang hadir.

No More Posts Available.

No more pages to load.