Tim Verifikator Lapangan Proklim Tinjau Lingkungan RW 06 Sukapura

img 20230829 wa0018

JAKARTA UTARA, Revolusinews.com – Lingkungan RW 06 Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing menjadi lokasi pertama di Jakarta Utara yang dikunjungi oleh tim verifikator lapangan RW Proklim Tingkat Provinsi DKI Jakarta tahun 2023. Dijadwalkan, tim verifikator akan turun langsung ke wilayah Jakarta Utara selama tiga hari. 

Pada kegiatan penilaian Proklim kali ini, Jakarta Utara mengirimkan enam RW terbaik yaitu RW 06 Kelurahan Sukapura, RW 02 Kelurahan Pegangsaan Dua, RW 10 Kelurahan Rawa Badak Utara, RW 08 Kelurahan Sungai Bambu, RW 08 Kelurahan Ancol, dan RW 08 Kelurahan Warakas. 

“Kami datang bukan hanya fokus pada penilaian tapi sekaligus memberikan pembinaan karena kegiatan Proklim ini merupakan suatu gerakan dalam pengendalian dampak perubahan iklim yang melibatkan langsung masyarakat,” jelas Ketua Tim Verifikator Lapangan RW Proklim Tingkat Provinsi DKI Jakarta, Susi Andriani saat meninjau lingkungan RW 06 Sukapura, Selasa (29/8/2023). 

Seperti yang telah diketahui bahwa Proklim merupakan program yang memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi.

“Proklim ini tidak hanya selesai sampai disini tapi kita dorong ke tingkat nasional untuk Proklim kategori Utama dan naik lagi ke Proklim Lestari. Untuk itu, diperlukan dukungan dan kerja sama dari semua pihak termasuk melibatkan Sudin terkait,” imbaunya. 

Saat pelaksanaan verifikasi lapangan RW Proklim di lingkungan RW 06 Kelurahan Sukapura, tim verifikator didampingi langsung oleh Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Utara, Abdul Khalit, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekko Administrasi Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman, Kasudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Edy Mulyanto, Camat Cilincing, Anita Permata Sari, Sekretaris Kecamatan Cilincing, Idham Mugabe, dan Lurah Sukapura, Rosiwan. 

Sementara itu, Ketua RW 06 Kelurahan Sukapura, Wawan Setiawan menyatakan bahwa berbagai upaya mitigasi, adaptasi perubahan iklim, dan kelembagaan yang terangkai dalam kegiatan Proklim telah diterapkan di lingkungan RW 06 Kelurahan Sukapura. 

“Berbagai upaya yang sudah dilakukan diantaranya pengendali banjir dengan pembuatan turap, penampungan air hujan, kolam gizi, pengelolaan sampah anorganik melalui bank sampah, penggunaan cahaya alami, penanaman pohon produktif, toga, dan sebagainya,” terang Wawan.

No More Posts Available.

No more pages to load.