Waga Desa Mripan Purbalingga Antusias Ikuti Sedekah Bumi

sedekah bumi revolusinews

PURBALINGGA, REVOLUSINEWS.COM – Ratusan warga antusias mengikuti sedekah bumi tradisi adat Jawa yang perlu dilestarikan dan dibudayakan khususnya di daerah Purbalingga yang diselenggarakan di Lapangan Desa Mipiran, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah pada Minggu (14/8/22).

Tampak hadir dalam kegiatan sedekah bumi atau ruwat bumi tersebut, Kapolsek Padamara serta jajarannya, Danramil Padamara dan jajarannya, Puskopimcam Kecamatan Padamara, BPD Desa Mripan, seluruh Ketua RT di Desa Mipiran, tokoh agama Desa Mripan, pemuda jarang taruna Mripan, dan para undangan lainnya.

Sedekah bumi atau ruwat bumi di Desa Mripan dilaksanakan siang hari dengan Dalang Sudarno dari Desa Cendana, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga yang dilanjutkan pada malam harinya dengan mengelar hiburan wayang kulit semalam suntuk oleh Dalang Kyai Kharis Budiono dari Desa Kebanggan, Kecamatan Sumbang, Banyumas.

Dengan digelarnya tradisi sedekah bumi/ruwatan bumi di Lapangan Desa Mipiran warga berharap agar diberi limpahan banyak rejeki dan dijauhkan dari bahaya oleh yang maha kuasa.

Selain itu, sedekah bumi juga dilakukan untuk mempererat persaudaraan antar warga sekitar, khususnya warga Desa Mipiran. Kemudian, sedakah bumi juga bertujuan meneruskan atau melestarikan budaya Jawa di Desa Mipiran dimana setiap tahunnya pasti mengadakan kegiatan ruwat bumi dengan hiburan wayang kulit siang dan malam.

Pagelaran sedekah bumi yang diadakan di Desa Mripan tidak hanya menarik perhatian Warga Desa Mipiran, namun juga warga sekitarnya diantanya warga dari Desa Karang Gambas susukan dan kali tinggar.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia sedekah bumi, Slamet Sugito melalui wakilnya Diram mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Mripan atas partisipasi dan dukungannya dalam rangka kegiatan sedekah bumi bisa terlaksana dengan aman tertib dan lancar dari awal acara sampai berakhirnya kegiatan tersebut.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Mripan atas dukungan dan partisipasinya sehingga acara sedekah bumi ini dapat berjalan lancar,” ucap Diram.

Sementara itu, dalam sambutan Kepala Desa Mripan, Daryoto mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelengara dan juga para donatur atas partisipasi dan kerjasamanya sehingga pelaksanaan sedekah bumi di Desa Mripan bisa terlaksana.

“Mudahan-mudahan dengan diadakannya sedekah bumi masyarakat Desa Mripan tambah rejekinya dan tambah makmur desanya,” harap Daryoto menutup pembicaraan.

No More Posts Available.

No more pages to load.