10 Negara Hadiri PEMSEA di Ketapang Tangerang

pemsea kabupaten tangerang revolusinews (1)

KABUPATEN TANGERANG, Revolusinews.comMelalui pembukaan Partnership in Environmental Management For The Seas Of East Asia (PEMSEA) Network Of Local Goverment, Pemerintah Kabupaten Tangerang mengenalkan kawasan pesisir Pantai Ketapang ke kancah internasional yang disulap menjadi Taman Wisata Mangrove sebagai percontohan observasi internasional, Jumat (28/10/2022).

Pembukaan PEMSEA dibuka oleh Bupati Tangerang yang juga Wakil Presiden PEMSEA, Ahmad Zaki Iskandar tersebut diikuti para delegasi diantaranya Indonesia, Malaysia, Kamboja, Thailand, Timor Leste, Korea Selatan, Vietnam, Cina, Jepang, dan Laos di Pantai Ketapang yang berlokasi di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten pada tanggal 25 s.d 28 Agustus 2022.

Bupati Tangerang, H. Ahmad Zaki Iskandar mengatakan, memiliki program mapan dengan segala macam yang sudah dilalui dan dilakukan mungkin masih ada kekurangan. Akan tetapi, lanjutnya, justru dengan mengudang banyak orang akan mendapat masukan dan juga saran untuk pengembangan.

“Keberhasilan merubah kawasan Pesisir Ketapang menjadi kawasan Taman Wisata Mangrove saya dipercaya untuk menjabat  Wakil Presiden Partnerships in Environmental Management For the Sea of East Asia (PEMSEA) Network of Local Goverment (PNLG) yang beranggotakan 10 Negara. Disamping itu Tangerang terpilih menjadi lokasi hajatan ini karena bukan hanya menjadi model pengembangan desa pesisir pantainya, tetapi juga percontohan di Indonesia dan Asia Timur. Karena itu, Desa Ketapang bahkan menjadi ikon Dunia International,” ungkap Zaki.

Diungkapkan Zaki, bahwa hal ini tidak lepas dari keberhasilan Tangerang mengelola kawasan pesisir pantai dengan mengembangkan dari sisi ekonomi, sosial, pendidikan, lingkungan dan juga pemberdayaan masyarakatnya. Tidak itu saja, penataan kawasan pantai oleh Pemkab Tangerang  dilakukan secara lintas sektoral dan berkesinambungan.

“Dengan program unggulan Gerakan  Membangun Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan) yang dimulai sejak tahun 2015 penataan kawasan pantai yang panjangnya sekitar 51,2  KM telah terlihat hasilnya. Bahkan banyak sudah berbagai institusi Pemerintah Daerah dan International mengadopsi program unggulan penataan kawasan pantai ini untuk diterapkan di wilayahnya masing- masing,” kata Zaki.

Di lokasi yang sama, Ahmad Satibi Alwi Sidik selaku Ketua Mangrove Pesisir Utara Tangerang (MPUT), Ketua Karang Taruna Kecamatan Mauk, pemerhati sosial masyarakat, aktifis dan sebagai warga masyarakat Mauk Ketapang begitu senang dengan kedatangan para delegasi PEMSEA PNLG G20 di Desa Ketapang Kecamatan Mauk.

“Sebagai pemuda sangat bangga dan senang karena desa kami bisa menjadi tempat kunjungan beberapa negara. Apalagi ada 10 negara Asia Timur tersebut sangat fokus kepada pembangunan lingkungan wilayah pesisir. Namun banyak hal yang menjadi PR kami selaku pemuda memberikan pendidikan kepedulian terhadap desa dan terhadap lingkungan serta menjaga apa yang sudah diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang melalui APBD serta CSR kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Kabupaten Tangerang H. Ahmad Zaki Iskandar yang telah memberikan pendidikan, kesejahteraan terhadap Desa Ketapang serta lingkungan yang asri, indah dan nyaman sehingga menjadi Taman Wisata Mangrove di Wilayah Pesisir,” paparnya.

“Semoga ke depan hal ini bisa membuat peluang-peluang usaha ekonomi kerakyatan,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.