587 Personel Gabungan Ditugaskan Sebagai Polisi RW

img 20230315 wa0029

JAKARTA, Revolusinews.com– Polres Metro Jakarta Barat menggelar upacara pelepasan 587 personel gabungan dari Polres Metro Jakarta Barat, Polsek jajaran dan Polda Metro Jaya yang ditugaskan sebagai Polisi RW di wilayah Jakarta Barat di halaman Mapolres Metro Jakarta Barat pada Rabu (15/3/2023).

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol M Syahduddi mengatakan, bahwa kegiatan polisi RW ini merupakan program unggulan dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr M Fadil Imran sebagai bentuk implementasi dari program Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo yang digagas agar polisi bisa lebih dekat dengan masyarakat.

Nantinya, Polisi RW ini akan mendengar dan mencatat serta mencarikan solusi bersama terkait permasalahan Kamtibmas di tengah masyarakat.

“Polisi RW ini bisa mendengarkan langsung keluhan yang dirasakan oleh masyarakat sekaligus mencari solusi yang tepat,” ujarnya saat upacara pelepasan.

Lanjut Kombes Pol M Syahduddi menjelaskan, dengan adanya Polisi RW ini masyarakat bisa lebih cepat melapor ketika terjadi permasalahan di lingkungan. Tentunya dengan tetap mengedepankan kerja sama dengan semua pihak seperti Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah, ketua RW dan segenap tokoh masyarakat.

“Hari ini kita terjunkan sebanyak 587 personel gabungan yang ditugaskan sebagai Polisi RW,” terangnya

Menurutnya, keberadaan polisi RW adalah bentuk kepolisian yang modern yang lebih mengedepankan kegiatan pencegahan (proactive policing)

“Jadi, dengan adanya polisi RW ini, diharapkan juga semakin mempersempit ruang pelaku kejahatan,” ucapnya.

Polisi RW maupun Bhabinkamtibmas yang hadir ke tengah-tengah masyarakat bertugas melaksanakan sambang door to door di setiap lingkungan RW. Tujuannya agar peran Polisi RW lebih dapat dirasakan kehadirannya oleh masyarakat.

“Nantinya setiap kegiatan yang dilakukan akan diinput melalui aplikasi “Ada Polisi” dan didatakan kepada operator pusat,” tutup Kapolres.

No More Posts Available.

No more pages to load.