Bantuan Logistik dari Indramayu untuk Korban Gempa Diterima DPMPTSP Cianjur

gempa cianjur revolusinews revolusi news

CIANJUR, Revolusinews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu telah menyalurkan sejumlah bantuan berupa logistik makanan bagi korban terdampak gempa di Kabupaten Cianjur.

Penyaluran logistik tersebut diterima Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cianjur Hj Euis Jamilah SPd MAP di Gedung Wanita Bale Rancage, Kabupaten Cianjur, Rabu (23/11/2022).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Indramayu Drs Dadang Oce Iskandar mengatakan, pihaknya sudah berhasil mengumpulkan bantuan logistik dari seluruh SKPD di Kabupaten Indramayu meliputi 135 dus roti, 206 dus mie instan, dan 239 dus air mineral serta 2 set tenda keluarga.

Ia menambahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan satgas setempat akan memberikan bantuan logistik kedua untuk korban gempa bumi Cianjur, dan diharapkan bantuan tersebut bisa langsung diterima oleh para korban terdampak bencana.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu atas partisipasi dan bantuan logistik yang telah diberikan untuk korban gempa bumi Kabupaten Cianjur.

Menurut informasi yang diterima dari Satgas setempat ada beberapa desa di lima kecamatan yg belum tersentuh bantuan logistik. Diantaranya, Kampung Angkrong Desa Telaga Kecamatan Cianjur, Kampung Kadugede Desa Wangun Jaya Kecamatan Cugenang, Kampung Rawa Cina Kecamatan Cugenang, Desa Limbangan Sari Kecamatan Cianjur dan  Desa Sukataris Kecamatan Karangtengah.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Cianjur Hj Euis Jamilah SPd MAP menyampaikan, ucapan terima kasih atas partisipasi dan perhatian dari Indramayu yang telah diberikan untuk korban bencana gempa bumi Cianjur.

Ia juga mengungkapkan permohonan maaf, apabila dalam penerimaan bantuan logistik sempat tersendat karena banyaknya bantuan yang datang.

Selain bantuan logistik, Pemerintah Kabupaten Indramayu juga mengirimkan 26 orang tenaga relawan, diantaranya Tim URC BPBD sebanyak 3 personil untuk bertugas melakukan koordinasi dan laporan situasi.

Kemudian, dokter 1 personil, paramedis 3 personil ditambah 1 unit ambulance, PMI 12 personil dan 1 unit ambulance dan ERT sebanyak 6 personil yang melakukan pencarian korban.

Selanjutnya, TAGANA sebanyak 4 orang yang bertugas di Dapur Umum,  FKP3D sebanyak 2 personil, BTHM dan Ojol sebanyak 2 personil yang bertugas melakukan evakuasi korban ketempat yang lebih aman.

Perlu diketahui hingga saat ini informasi yang diterima dari BPBD Kabupaten Cianjur terdapat 12 Kecamatan yang terdampak, diantaranya, Kecamatan  Cianjur, Karangtengah, Warungkondang, Gekbrong, Cugenang, Cilaku, Cibeber, Sukaresmi, Bojongopicung, Cikalong Kulon, Sukaluyu dan Kecamatan Pacet.

Kemudian sebanyak 268 jiwa meninggal dunia, 122 jiwa teridentifikasi, 151 jiwa dalam pencarian, 1,083 mengalami luka-luka, dan 58,362 orang mengungsi.

Sementara rumah yang mengalami kerusakan sebanyak : 22,198 unit rumah. Diantaranya, 6,570  rusak ringan, 2.071 rusak sedang dan 12,641 rusak berat.

No More Posts Available.

No more pages to load.