Bimtek Master Plan Smart City ke-4 Tahun 2023 Digelar Pemkab Cilacap

img 20231006 wa0001

CILACAP, Revolusinews.com – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Komunikasi dan Informatika kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Smart City Cilacap yang ke-4 tahun 2023. Acara yang berlangsung di Hotel Aston Inn Cilacap, Kamis (5/10/2023)

ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam menjadikan Kabupaten Cilacap lebih cerdas, impulsif, berkelanjutan, dan berdaya saing tinggi.

20231006 143137

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Supriyanto, saat membacakan sambutan Penjabat Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar mengungkapkan bahwa Kabupaten Cilacap telah terpilih sebagai salah satu dari 50 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang menuju Smart City. Selain itu, untuk Jawa Tengah, Kabupaten Cilacap dan Banjarnegara telah ditunjuk untuk tahun ini.

“Dalam hal ini, kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI serta Universitas Gadjah Mada (UGM) yang telah memberikan pendampingan dalam upaya mewujudkan Smart City di Kabupaten Cilacap,” ucap Supriyanto.

Dalam sambutannya, Supriyanto juga menyoroti pentingnya keterlibatan masyarakat, pemangku kepentingan, dan berbagai kelompok dalam perencanaan Smart City. Ia menjelaskan bahwa Smart City bukan hanya tentang penggunaan teknologi canggih, tetapi juga tentang bagaimana meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

“Ini adalah bagaimana kita mengintegrasikan teknologi, layanan, dan infrastruktur untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh warga masyarakat Cilacap. Kita perlu memastikan bahwa pelayanan seperti pendidikan, kesehatan, dan transportasi mudah diakses oleh seluruh warga. Pembangunan Smart City harus berkelanjutan dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan serta keamanan data,” jelas Supriyanto.

Dalam acara ini, peserta mendapatkan penjelasan mengenai alur dan panduan penyusunan masterplan Smart City dari Dr. Erda Rindrasih, Dosen Manajemen dan Kebijakan Publik, Fisipol UGM Universitas Gadjah Mada (UGM). Dalam penjelasannya, Dr. Erda Rindrasih menguraikan enam pilar Smart City yang perlu diaplikasikan, yaitu Smart Governance, Smart Living, Smart Branding, Smart Society, Smart Environment, dan Smart Economy

Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City Cilacap yang ke-4 ini diharapkan dapat membawa Kabupaten Cilacap menuju masa depan yang lebih modern, efisien, dan berkelanjutan. Acara ini dihadiri sejumlah Kepala Dinas dan perwakilam OPD jajaran Pemkab Cilacap.

Pada kesempatan ini dilaksanakan pula penandatanganan komitmen bersama menuju Cilacap Smart City dengan melibatkan semua pihak terkait. Dalam hal ini Pemkab Cilacap berkomitmen untuk mewujudkan visi Smart City yang memberikan manfaat besar bagi seluruh masyarakatnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.