Dede Farhan Aulawi Jadi Narasumber Pelatihan Corporate Intelligence

dede farhan aulawi revolusinews revolusi news 2023 02 16t011238.275

BANDUNG, Revolusinews.com – Pemerhati Intellegence Dede Farhan Aulawi mengatakan tantangan perusahaan saat ini semakin kompleks karena disamping menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat juga perlunya meningkatkan pengawasan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecurangan ataupun inefisiensi dalam operasional perusahaan. Untuk mengikuti irama zaman yang semakin kompetitif ini maka berbagai instrumen pengawasan perlu dioptimalkan. Salah satu instrumen penting ini adalah mulai diimplementasikannya ilmu intelijen di dalam suatu perusahaan.

“Jika dahulu ilmu dan keterampilan intelijen ini hanya menjadi domain militer atau kepolisian, tetapi saat ini banyak diimplementasikan di berbagai bidang. Akhirnya kita mengenal beberapa istilah seperti competitive intellgence, economy Intelligence, marketing Intelligence, dan lain – lain,” ujar Dede Farhan saat dirinya menjadi narasumber dalam pelatihan “Corporate Intelligence” yang diberikan untuk jajaran personil dari Komite Manajemen Resiko Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Bandung pada Rabu (15/2/2023).

Pelatihan ini dilaksanakan untuk memahami penerapan ilmu intelijen di dalam pelaksanaan tupoksi organisasi sebagaimana diamanatkan oleh UU. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan dalam penerimaan, pengembangan dan pengeluaran dana haji agar memberikan kemanfaatan yang maksimal bagi para jemaah haji.

Selanjutnya Dede juga menjelaskan bahwa penerapan ilmu intelijen di perusahaan/ institusi akan sangat berguna dalam hal :
– Mencegah kemungkinan terjadinya kecurangan (fraud)
– Menginvestigasi dugaan adanya praktek kecurangan dengan pendekatan scientific investigation
– Membuat atau memperbaiki sistem guna meminimalisir kemungkinan terjadinya kecurangan.

“Khusus untuk institusi pengelola dana seperti BPKH ini, ilmu intelijen juga bisa diterapkan dalam pemilihan penempatan dana (investasi) yang aman dan memiliki nilai manfaat yang maksimal. Berbagai data dan informasi yang relevan dikompulir dan diproses untuk dianalisis sehingga akan membantu pertimbangan investasi,” terangnya.

Pada kesempatan ini dijelaskan secara detail tentang perbedaan “Error, Collusion, & Fraud”
Jenis kecurangan yang sering terjadi di dalam perusahaan, seperti :
– Intentional Misrepresentation
– Negligent Misrepresentation
– False Promises
– Employee Fraud
– Management Fraud
– Organized Crime
– Computer Crime
– White Collar Crime
Juga unsur – unsur kecurangan yang disebut Fraud Triangle, Tindakan Investigasi Fraud, Strategi Pencegahan Resiko Fraud, dan Risk Assessment. Secara spesifik juga mengenalkan pendekatan intelijen dalam menentukan pilihan investasi yang prospektif dan mereduksi  inefisiensi operasi perusahaan.

“Semoga semua ilmu yang disampaikan bisa menjadi jalan kemanfaatan dan kemaslahatan bagi semua, Aamiin YRA,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.