Dishub Pemalang Gelar Sosialisasi Keselamatan dan Disiplin Berkendara Bersama Warga

img 20240308 023557

PEMALANG, Revolusinews com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pemalang melakukan sosialisasi keselamatan dan disiplin berkendara bersama warga yang digelar di Pendopo Kantor Kecamatan Petarukan pada Kamis (7/3/2024),

Langkah ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah serta mengurangi resiko kecelakaan pada masyarakat khususnya bagi pengguna jalan.

img 20240308 023652

Kegiatan sosialisasi keselamatan dan disiplin berkendara (safety riding) oleh Dishub Kabupaten Pemalang di paparkan oleh Sekertaris Dinas Junaedi M, bersama Kepala Seksi Bimbingan Keselamatan Lalu Lintas Budi, beserta tim lainnya.

Kegiatan dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Pemalang Komisi (B) bidang Pembangunan, yakni Fahmi Hakim, S.H., Ketua Fraksi dari Partai PPP, Drs. Bambang Setiaji dari Partai PDIP, Rusmanto, S.pd dari Partai Golkar, Camat Petarukan melalui Sekcam, Imam Santoso dan masyarakat.

Sosialisasi keselamatan dan disiplin berkendara oleh Dishub Kabupaten Pemalang di hadiri masyarakat sekitar 50 orang disambut baik oleh Camat melalui Imam Santoso Sekcam Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Dikesempatan tersebut, Kepala Seksi Bimbingan Keselamatan Lalu Lintas, Dishub Pemalang, Budi menyampaikan pemaparan terkait keselamatan lalu lintas.

” Sosialisasi keselamatan lalu lintas ini bertujuan untuk memberikan upaya peningkatan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Menurutnya, untuk pengendara di jalan ada beberapa syarat yang harus dilengkapi, baik orangnya juga kendaraannya, karena itu sebagian rambu bagi pengendara,” paparnya.

Keselamatan dan disiplin berkendara di jalan tidak serta-merta dari pengendara, melainkan banyak faktor lain yang harus diperhatikan terutama berhati-hati, taati aturan dan peraturan dijalan, pengendara juga harus memenuhi syarat dan juga kelengkapan dokumen kendaraannya juga harus dilengkapi,” ungkapnya.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, agar disiplin dan tertib dalam berlalu lintas. Hal tersebut untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas di Pemalang ini, mengingat kebanyakan kecelakaan terjadi karena kurangnya disiplin oleh pengendara dan Faktor kondisi kendaraan itu sendiri,” ujar Budi di Pendopo Kecamatan Petarukan, Kamis (7/03/2024)

Dalam pandangannya, Drs.Bambang Setiaji, dirinya mengatakan bahwa, “kendaraan bermotor memberikan banyak manfaat dalam proses transportasi. Selain memberikan kemudahan aktifitas sosial, tidak sedikit pengguna kendaraan yang terlibat adanya kasus kecelakaan lalu lintas. 

Oleh karena itu, selain kesadaran disiplin berkendara banyak faktor lain yang perlu dipahami, pertama berhati-hati, kedua kondisi jalan, ketiga kondisi kendaraan itu perlu diperhatikan. Karena hal tersebut setidaknya keselamatan kita berkendara bisa aman,” imbuh Bambang, anggota Dewan dari fraksi PDIP.

Imam Santoso, Sekcam Petarukan menambahkan tentang pentingnya pemahaman keselamatan berkendara bagi masyarakat dimulai dari diri sendiri, kelengkapan dokumen dan kondisi jalan serta cek kenormalan kendaraannya.

” Soal keselamatan dan disiplin dijalan itu hampir semua terlibat, dimulai dari kendaraan itu sendiri apakah kelengkapan surat-surat kendaraan maupun kelengkapa surat ijin berkendara sudah dipenuhi, dan juga ketrampilan si pengemudi itu penting. 

Kemudian mau melibatkan secara pribadi kendaraannya maupun pengemudinya ke dinas terkait soal sarana dan prasarana kendaraanya sudah bagus atau belum, rambunya sudah lengkap atau belum, jadi semua terlibat,” tutur Imam.

Masih kata Imam Sekcam Petarukan, dalam berkendara memang butuh Kesadaran dan kedisiplinan bagi masyarakat untuk mematuhi aturan Rambu-rambu lalulintas yang sudah ada, jika yang belum supaya melengkapinya,” pungkasnya.