Pemkab Cilacap Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74

pemkab cilacap upacara hari bela negara revolusinews revolusi news

CILACAP, Revolusinews.com – Dalam rangka memperingati hari bela negara ke-74, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap menggelar upacara dengan tema “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku” yang dihadiri oleh Pj Bupati Yunita Dyah Suminar selaku Inspektur Upacara dan para pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap di halaman Pendopo Wijaya Kusuma Cakti Cilacap, Senin (19/12/2022).

Bela negara sendiri merupakan sikap, perilaku dan tindakan warga negara baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Hal ini adalah sebuah kehormatan bagi setiap warga negara yang harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya yang dibacakan oleh inspektur upacara mengatakan bahwa seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara.

“Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara,” katanya.

Pj Bupati Cilacap kemudian kembali mengingatkan kepada seluruh peserta upacara untuk menjaga integritas. Ia mengajak para ASN untuk menghindari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Karena hal tersebut merupakan salah satu wujud dari bela negara.

“Prinsipnya kalau kita bicara bela negara, kita mesti menjaga kedaulatan negara. Di lingkup pekerjaan kita sebagai ASN, maka membela negara itu berarti menjaga integritas. Karena integritas itu rohnya ASN. Ketika kita tidak punya integritas, maka akan merusak negara, masyarakat dan mental warga negara,” tutup Yunita.

No More Posts Available.

No more pages to load.