Sekolah Internasional Pilih Ekowisata Keranggan untuk Camping

TANGERANG, Revolusinews.comSekolah internasional Shopos School Indonesia melaksanakan kegiatan pramuka over night 2023 sebagai bentuk mengimplementasikan pembelajaran terintegrasi di Tapak Kemah Cisadane (Takeci) camping ground Kampung Ekowisata Keranggan yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan Keranggan RT 13/RW 05 Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten selama 2 hari pada Kamis dan Jumat (9-10/02/2023).

Kegiatan outdoor pramuka over night 2023 tersebut diikuti oleh kurang lebih 80 siswa-siswi SMP dan SMA Shopos School Indonesia yang berada di Bumi Serpong Damai (BSD) Kota Tangerang Selatan, Banten.

Director off academics Shopos School Indonesia, Budi Widodo Mpd mengatakan, perkemahan pramuka ini dilaksanakan untuk mengimplementasikan materi-materi yang sudah didapat di sekolah dengan harapan dapat mengembangkan kemandirian, kebersamaan, dan pengembangan skill siswa untuk masa depan mereka.

“Setelah pandemi ini kami kembali melaksanakan kegiatan outdoor dan kemah gabungan antara SMP dan SMA yang tak lain untuk memupuk kerjasama/kolaborasi antar jenjang sekolah,” kata Budi.

Menurutnya, bagi siswa peserta perkemahan, kegiatan outdoor seperti ini sangat menarik sekali karena dapat mengenal alam dan berlatih untuk kemandirian, bersama teman-teman bekerjasama mendirikan tenda dan saling berbagi.

Lanjut Budi mengungkapkan, dalam secondary over night ini mata pelajaran life skill and enter planner ship diantaranya materi memasak, berbaris, melatih panca indra sampai dengan penjelajahan dan juga diselingi dengan berbagai macam permainan untuk mengaplikasikan pembelajaran terintegrasi yang mengintegrasikan bidang-bidang ilmu yang telah dipelajari.

“Untuk materi kewirausahaan dengan modal sama rata diberikan Rp 200 ribu dilakukan oleh siswa kelas 7 sampai 12 SMP SMA membuat produk jajanan anak seperti sosis bakar dan bakwan jagung yang dibuat di sekolah kemudian dijual sementara ini di lingkup internal,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, siswa kelas 11 Eve bersama temannya Shilo dan Calyn ketika dikonfirmasi terkait tempat Ekowisata Keranggan menyampaikan tak menyadari didekat BSD ada destinasi wisata, dimana perkiraan dirinya mengira lokasinya panas ternyata dingin berasa di Bandung.

“Tempatnya asyik, luas, ada sungainya. Kalau malam dingin kayak di Bandung. Tempatnya bagus dan merasa puas,” ucap 3 siswa secara bersamaan mengakhiri.

Tapak Kemah Cisadane (Takeci) Camping Ground Kampung Ekowisata Keranggan Tangsel menyedikan lahan seluas 3 hektar untuk area camping. Letak Takeci sangat strategis di kawasan yang berdekatan dengan BSD. Suasana perkampungan masih terasa meskipun berada dekat dengan kawasan niaga dan perkotaan, sehingga cocok untuk perkemahan pramuka, gathering, arisan bahkan wedding dengan konsep outdoor.

Sebagai informasi, Kampung Ekowisata Keranggan yang bikin menarik adalah destinasi wisata pesona perkampungan di tengah kota dengan fasilitas, atraksi, dan edukasi diantaranya :

Area parkir luas
Tempat ibadah
Kuliner
Area kemah (camping ground)
Aula
Home stay
Home industri
Wisata air/Arum Cisadane
Edukasi alam
Edukasi pertanian
Atraksi
Archery (panahan)
Jungle track
Rumah produktif :
     – Bank sampah
     – Budidaya magot
     – Komposting
     – Insenerator (pembakaran sampah)
Ekonomi kreatif
Lembaga pendidikan ketrampilan anak berkebutuhan khusus di Rumah Bina Kreatif Indonesia (RBKI)

No More Posts Available.

No more pages to load.