Acara Adat Desa Unjungan Mbah Buyut Sijar dengan Doa Bersama dan Pentas Seni Tradisional di Desa Wirakanan

20231002 104256

INDRAMAYU, Revolusinews.com – Acara adat desa Unjungan Mbah Buyut Sijar dilaksanakan dengan doa bersama dan pentas seni tradisional Sandiwara Darma Saputra di Desa Wirakanan Blok Kemped Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat, pada Minggu (1/10/2023).

Pelaksanaan doa bersama acara adat desa Unjungan Mbah Buyut Sijar, Sanusi selaku panitia bidang Bendahara saat dikonfirmasi RNews mengatakan Unjungan ini merupakan adat istiadat dari nenek moyang yang dilaksanakan setiap tahun. Biasanya pelaksanaan adat Unjungan ini menjelang musim rendeng (penghujan).

20231002 104326

“Alhamdulillah, sekarang kita mengadakan adat Unjungan yang bertempat di Desa Wirakanan blok Kemped, Buyut Karang Macan atau Buyut Sijar. Yang tadi sudah diselenggarakan bersama yaitu Tahlilan dengan masyarakat dan Kepala Desa Wirakanan beserta Perangkat Desa. Sekarang akan di mulai yaitu hiburan yang berupa Sandiwara Darma Saputra dari Plumbon Indramayu. Harapannya yaitu melestarikan budaya leluhur serta mempererat ukhuwah silaturahim antar masyarakat dengan pemerintahan, hal ini melambangkan bahwa di blok Karang Macan khususnya Desa Wirakanan masih tetap mempererat jalin silaturahim antara masyarakat dengan adat istiadat yang sudah turun temurun, jangan sampai dihilangkan,” kata Sanusi.

20231002 104342

Salah satu warga setempat, Humaedi S Sos saat dikonfirmasi RNews mengatakan acara ini merupakan acara adat istiadat masyarakat Desa Wirakanan blok Kemped yang di gelar setiap tahun untuk mengenang jasa-jasa pendahulu. Tentunya ini merupakan kebanggaan, sebuah kekayaan budaya bangsa dan dari NU (Nahdlatul Ulama) menyikapinya dengan kearifan lokal.

“Acara setahun sekali ini di gelar saat akan memasuki musim penghujan atau musim rendeng. Di kegiatan ini turut hadir dari pemerintah desa beserta staffnya, tim keamanan lingkungan, Polsek, Koramil, juga masyarakat Desa Wirakanan. Sebagai penunjang acara biasanya mengadakan Sandiwara, dan sandiwara ini sebagai tuntunan untuk masyarakat setempat sehingga mengenal tentang agama dan syariat islam. Rangkaian acara tahlil bersama tadi dipimpin Lebe. Karena kegiatan acara ini donaturnya banyak, ya kami menyelenggarakan pentas seni Sandiwara Darma Saputra,” kata Humaedi

Apa kaitannya acara Unjungan dengan adanya Sandiwara? Kembali Humaedi S Sos menjawab, kaitannya yaitu dari tim seni Sandiwara Darma Saputra menampilkan hiburan yang mengedukasi guna membimbing atau menuntun masyarakat sehingga mengenal tentang sejarah agama Islam di Indonesia pada umumnya, khususnya Desa Wirakanan. Sehingga dapat meningkatkan ibadah atau mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Semoga masyarakat Desa Wirakanan ini tetap kompak dan solid bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban yang jelas dalam melakukan baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur,” harapnya.

Kepala Desa (Kades) Wirakanan, H Nurkat Hadikusomo memaparkan bahwa dengan adanya acara Unjungan ini Alhamdulillah kita dari Pemerintah Desa Wirakanan selalu aktif bergandengan tangan dengan para tokoh masyarakat dan tokoh adat di wilayah blok-blok yang ada di Desa Wirakanan untuk menyelenggarakan acara adat istiadat orang Indramayu ini. Salah satunya adalah Unjungan.

“Unjungan ini selain untuk mendoakan arwah para leluhur yang telah mendahului kita semua seperti para tokoh-tokoh zaman dahulu yang membuka atau babad tanah di Wirakanan ini. Dan sekarang pada hari ini Minggu tanggal 1 Oktober 2023 kita mengadakan acara Unjungan di Mbah Buyut Sijar Karang Macan Blok Kemped Desa Wirakanan,” kata H Nurkat Hadikusomo.

Harapan kami, lanjut H Nurkat Hadikusomo, tentunya dengan acara Unjungan ini silaturahim antara warga masyarakat, baik itu blok Kemped, blok Tipar maupun blok Pengodengan bisa terjalin hubungan persaudaraan dengan baik, sehingga ditahun politik ini kondusifitas Desa Wirakanan tetap bisa terjaga dengan adanya acara Unjungan ini di harapkan dapat mempererat tali silaturahmi antar masyarakat satu sama lain khususnya di blok kemped umumnya di Desa Wirakanan ini dan Alhamdulillah berjalan dengan baik.

Alhamdulillah kegiatan di Mbah Buyut Sijar ini, kata H Nurkat Hadi Kusomo, acara pentas kesenian tradisional Kabupaten Indramayu yaitu Sandiwara hampir tiap tahun selalu dilaksanakan dan untuk biayanya secara swadaya dari masyarakat sekitar. Tujuannya adalah untuk memeriahkan acara Unjungan di Mbah Buyut Sijar ini sekaligus juga untuk mempertahankan tradisi-tradisi adat budaya bangsa yang bernilai untuk kita lestarikan dengan baik.

Masih kata H Nurkat Hadikusomo, biasanya kita tatkala menyampaikan atau sebagai media penyampaian berbagai informasi ke masyarakat itu bisa dilakukan. Biasanya sehari atau dua hari sebelum acara Unjungan tersebut yaitu dengan acara doa bersama dan Alhamdulillah kami Kades Wirakanan hadir dalam acara doa bersama pada malam Jumatnya. Trus yang kedua, himbauan juga disampaikan pada waktu acara Unjungan ini dan Isya Allah nanti malam juga ada acara Sandiwara, kita juga menghimbau memberikan berbagai informasi tentang keadaan Desa Wirakanan.

“Saya berharap dengan acara Unjungan ini, kita bisa melaksanakan acara doa bersama dan sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat dan rizki yang telah kita peroleh sehingga dengan adanya syukuran ini keberkahan akan melimpah kepada warga masyarakat Desa Wirakanan,” kata H Nurkat Hadikusomo mengakhiri pembicaraan.

No More Posts Available.

No more pages to load.