Hari Pendidikan Nasional 2023, Pj Bupati Cilacap Bertindak Sebagai Pembina Upacara

img 20230503 wa0117

Hari Pendidikan Nasional 2023, Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar Bertindak Sebagai Pembina Upacara

CILACAP – Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar upacara di halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti dan Pj Bupati Yunita Dyah Suminar bertindak sebagai Pembina Upacara. Selasa, 2/5/2023

Tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Kapolresta Cilacap Kombes Pol. Fannky Ani Sugiharto, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Afandi, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Khoiruman Pandu Kusuma Harahap, serta sejumlah perwakilan unsur Forkopimda.

Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar membacakan pidato sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, “Pemkab Cilacap menyatakan mendukung Program Merdeka Belajar. Selain sebagai ikhtiar memperkuat pilar pendidikan, program ini membawa peserta didik semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara. Yaitu pendidikan yang mengarahkan bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

“Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai lebih holistik oleh gurunya sendiri,” kata Pj. Bupati Cilacap menambahkan.

Dijelaskan, kemampuan literasi dan bernalar saat ini menjadi salah satu fokus penekanan pembelajaran yang mendalam untuk pengembangan karakter dan kompetensi. Sehingga tidak hanya mempelajari teori, siswa kini dapat lebih leluasa mencari pengetahuan dan pengalaman di luar fasilitas pendidikan.

Oleh karena itu, Program Merdeka Belajar merupakan sebuah transformasi besar-besaran yang seharusnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semua itu merupakan hasil kerja keras dan kerja sama seluruh pihak. Selain itu Hari Pendidikan Nasional adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang telah dihadapi, juga setiap langkah yang telah diambil.

”Dengan mewujudkan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan untuk memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan Belajar,” pungkasnya.

Di kesempatan itu, Pj Bupati juga menyerahkan piala dan piagam pengharagaan kepada Juara Pemilihan Siswa Berprestasi Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Cilacap. Untuk kategori putra, juara I yakni Muhammad Fatih Aluntio dari SD Al Irsyad 01 Cilacap, Juara II Atharizz Rafif Alkhalifi dari SD Negeri Adiraja 01, dan Juara III Rasyat Arsil Wahtudi dari SD Negeri Tritih Wetan 01. Sedangkan untuk Kategori Putri, Juara I yakni Fairuz Izza Mufida dari SD Islam Al Azhar 16. Juara II Anggrek Bulan Harimi Mecca dari SD Negeri Gumilir 02, dan Juara III Hanna Khairunnisa dari SD Al Irsyad 01 Cilacap.

No More Posts Available.

No more pages to load.