Kirab Budaya dan Sedekah Bumi Tanda Syukur Warga Mantingan Tengah

20230611 204728

PATI, Revolusinews.com – Kirab budaya dan sedekah bumi Desa Mantingan Tengah berlangsung di lapangan bola Desa Mantingan, Tengah, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah pada Minggu (11/6/2023) dimulai pukul 08.15 WIB

Dalam acara kirab budaya dan sedekah bumi ini dimeriahkan dengan mengarak tumpeng yang dihiasi hasil bumi seperti padi, sayuran, buah-buahan dan hasil bumi lainnya di arak warga berkeliling kampung hingga warga dari desa tetangga turut hadir meramaikan acara tersebut.

Tumpeng dan hasil bumi yang di arak berkeliling oleh warga saat sampai kembali di lapangan langsung diserbu dan diperebutkan warga.

Antusiasme warga yang tadinya datang hanya untuk melihat, semua ikut serta berbaur memperebutkan tumpeng dan hasil bumi yang tadi di arak. Riuh ramai warga dengan teriak serta gelak tawa dalam mendapatkannya.

Di kesempatan itu, Kepala Desa Mantingan Tengah, Patemah mengatakan, selaku kepala desa bersyukur kepada sang pencipta atas nikmatnya yang telah diberikan. Sebagai tanda syukur, hari ini menyelenggarakan kirab budaya dan sedekah bumi.

“Semoga warga Mantinangan Tengah selalu barokah dengan hasil panen yang melimpah,” harapnya.

Salah satu warga setempat, Mbah Abdullah menambahkan dengan mengucap syukur adanya kegiatan seperti ini di desanya.

“Tradisi tahunan ini warga selalu antusias dalam mengikuti prosesi acara, saya berharap semoga tradisi adat dan budaya ini selalu di gelar tiap tahun, jangan sampai punah tergerus jaman,” harap mbah Abdullah selaku warga setempat.

Turut hadir, Patemah Kepala Desa Mantingan Tengah beserta perangkat, Pelda Sumarno Babinsa Koramil Jaken, Bripka Purwanto Bhabinkamtibmas Polsek Jaken dan Linmas Legiman desa Mantingan Tengah

No More Posts Available.

No more pages to load.