Operasi Keselamatan Lodaya Polsek Balongan Polres Indramayu Pasang Spanduk Peringatan

polres indramayu revolusinews revolusi news 2023 02 10t215442.984

INDRAMAYU, Revolusinews.com – Polres Indramayu Polda Jabar melaksanakan operasi keselamatan Lodaya 2023 dengan berbagai cara seperti pemasangan spanduk peringatan bahaya kecelakaan, menyiarkan melalui radio, aksi longmarch, dan pendidikan masyarakat lalu lintas (Dikmas Lantas).

Seperti yang dilaksanakan oleh Polsek Balongan pada Jumat (10/2/2023) melakukan pemasangan banner atau spanduk peringatan bahaya kecelakaan di sejumlah titik lokasi yang dianggap rawan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polsek Balongan.

Kapolres Indramayu AKBP Dr M Fahri Siregar SH SIK MH melalui Kapolsek Balongan AKP H Saripudin didampingi Kasubsi PIDM Humas Polres Indramayu Ipda Tasim, Ia mengatakan bahwa pemasangan banner yang merupakan bagian dari kegiatan sosialisasi operasi keselamatan Lodaya 2023 di Polres Indramayu tersebut ditujukan agar masyarakat lebih berhati-hati dan waspada saat melintasi jalan tersebut. Dengan harapan masyarakat akan sadar pentingnya mematuhi peraturan keselamatan dalam berlalulintas dijalan raya. Sebagai pencegahan dari hal-hal tidak diinginkan yang dapat membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Selain melakukan pemasangan spanduk peringatan bahaya kecelakaan, pihaknya juga menyampaikan himbauan langsung kepada masyarakat agar mereka berhati-hati di jalan dan selalu tertib berlalu lintas.

Selain pemasangan spanduk, cara lainnya yakni melalui talk show di Radio yang ada di wilayah Kecamatan Haurgeulis. Seperti yang dilakukan oleh anggota Sat Lantas Polres Indramayu.

Kapolres Indramayu AKBP Dr M Fahri Siregar SH SIK MH melalui Kasat Lantas Polres Indramayu AKP Angga Handiman, Ia mengatakan kegiatan talk show di radio ini sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi serta mengajak masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas dalam mewujudkan keselamatan berkendara. Lewat siaran radio, Ia menghimbau masyarakat Kabupaten Indramayu agar selalu mematuhi tata tertib berlalu lintas.

Dikatakannya, Prioritas operasi keselamatan Lodaya 2023 yaitu melakukan penindakan berupa tilang elektronik dan teguran terhadap pelanggaran kasat mata seperti menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, berboncengan lebih dari 1 (Satu), tidak menggunakan helm SNI dan safety belt, mengemudi dalam keadaan mabuk, melawan arus, melebihi batas kecepatan saat berkendara, dan menggunakan knalpot bising.

Menurutnya, talk show dengan sarana melalui sarana radio sangat efektif untuk menginformasikan sesuatu yang berhubungan dengan tugas kepolisian kepada masyarakat luas.

“Termasuk informasi Operasi Keselamatan Lodaya 2023 yang digelar selama 14 hari, mulai 7 sampai 20 Februari 2023 ini,” jelas AKP Angga Handiman yang didampingi Kasubsi PIDM Humas Polres Indramayu Ipda Tasim, seraya mengatakan pihaknya berharap masyarakat bisa tertib dalam berlalu lintas, sehingga akan mengurangi pelanggaran dan juga menurunkan angka fatalitas korban laka lantas.

Cara berikutnya yakni melakukan aksi longmarch bersama para Polisi dan anggota Dishub Indramayu sembari membawa sejumlah spanduk berisikan imbauan untuk mengedepankan keselamatan dalam berlalu lintas. Aksi longmarch tersebut dilakukan mulai dari Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM di jalan Kartini sampai dengan Terminal Indramayu atau kurang lebih 3 Kilometer.

Kapolres Indramayu AKBP Dr M Fahri Siregar SH SIK MH melalui Kasat Lantas Polres Indramayu AKP Angga Handiman didampingi Kasubsi PIDM Humas Polres Indramayu Ipda Tasim, Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan inisiatif yang dilakukan oleh Satlantas Polres Indramayu yakni dalam rangka sosialisasi dan himbauan operasi keselamatan Lodaya 2023. Dihadirkannya kesenian tradisional ini sekaligus untuk menghibur warga masyarakat Indramayu.

Di sepanjang perjalanan, terdapat banyak pelanggar lalu lintas, terutama pengendara sepeda motor. Mulai dari tidak mengenakan helm hingga berboncengan lebih dari 1 orang. Oleh para buta, para pelanggar itu ditangkap dan ditakut-takuti. Polisi yang ikut mendampingi turut memberikan himbauan agar tidak mengulangi lagi perbuatannya dan selalu mengedepankan keselamatan dalam berlalu lintas.

Cara selanjutnya, dari Unit Kamsel Sat Lantas Polres Indramayu yang melaksanakan kegiatan Dikmas Lantas sosialisasi operasi keselamatan Lodaya 2023 di Pangkalan Ojeg SPMA Sindang bertujuan agar para tukang ojeg pangkalan selalu mematuhi tata tertib berlalu lintas dan akan sadar pentingnya keselamatan berlalulintas di jalan raya.

Kapolres Indramayu AKBP Dr M Fahri Siregar SH SIK MH melalui Kasat LantasnAKP Angga Handiman, Ia mengatakan Dikmas Lantas diberikan kepada masyarakat terorganisir maupun masyarakat tidak terorganisir yaitu kepada pengemudi ojek pangkalan.

“Ketika disiplin dalam berkendara di jalan raya tentunya dapat menekan angka fatalitas kecelakaan di jalan raya dan guna terciptanya Kamseltibcar Lantas di wilayah hukum Polres Indramayu,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.