Optimalisasi Program Sembako, Pemkab Indramayu Selenggarakan Bimtap

program sembako pemkab indramayu revolusinews revolusi news

INDRAMAYURevolusinews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu menyelenggarakan kegiatan bimbingan dan pemantapan (Bimtap) tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2022 yang diikuti sejumlah 375 peserta yang terdiri dari 27 orang tim koordinasi bantuan sosial (Bansos) pangan kabupaten, 31 camat, 8 lurah dan 309 kuwu se-Kabupaten Indramayu bertempat di Aula PGRI Sindang Indramayu pada Selasa (29/11/2022).

Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA saat membuka kegiatan berharap program sembako dapat dilaksanakan secara optimal dan tepat sasaran untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

“Visi Indramayu yang bersih, religius, maju, adil, makmur dan hebat (Bermartabat) pelaksanaan maupun penyaluran program bantuan sosial pangan harus dilakukan dengan optimal dan tepat sasaran kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” kata Bupati.

Oleh karena itu, sejalan dengan visi Kabupaten Indramayu yaitu Indramayu Bermartabat maka Bupati berharap program sembako ini dapat dilaksanakan secara optimal dan tepat sasaran sehingga akan berdampak pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Lebih lanjut Ia mengatakan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah telah mengupayakan dengan berbagai langkah secara maksimal, salah satunya melalui program sembako yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM.

Adapun pelaksanaanya melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan, memberikan bahan pangan dengan gizi seimbang, sehingga diharapkan dalam pelaksanaanya nanti bisa tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat harga dan tepat administrasi serta memberikan lebih banyak pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Sementara, Kepala Dinsos Kabupaten Indramayu Hj Sri Wulaningsih SE Ak menyampaikan, pada Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Indramayu telah melaksanakan peningkatan pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai salah satu program prioritas pemerintah daerah dibawah koordinasi Dinsos Kabupaten Indramayu.

“Tujuan diselenggarakannya Bimtap ini untuk memberikan penguatan tentang kebijakan pelaksanaan program sembako, memberikan pemahaman tentang tugas tim koordinasi bantuan sosial pangan yang telah ditetapkan, meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi serta memberikan penjelasan tentang program sembako dalam perspektif hukum,” ujarnya.

Diterangkannya, melalui Surat Keputusan Bupati Indramayu setiap bulan telah dilakukan pemutakhiran data yang disampaikan ke Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos). Sehingga terkait dengan data-data Bansos ini sudah lebih berkualitas dan ini semua berkat trobosan yang telah dibangun oleh Bupati Indramayu dengan Kemensos RI. Hal ini terlihat kondisi DTKS di Tahun 2021 justru terbilang buruk dimana Kabupaten Indramayu berada di posisi 409 dari 534 kabupaten/kota. Namun pada Bulan Mei 2022 kini di urutan 150 kabupaten/kota.

“Mudah-mudahan kita berharap bahwa nanti diakhir Bulan Desember, ketika DTKS ini dirilis oleh Kemensos-RI, Indramayu akan lebih baik lagi pada urutan yang lebih rendah tentunya yang kita harapkan,” harapnya.

Ia berharap, melalui kegiatan Bimtap Tim Koordinasi Bantuan Sosial Pangan Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2022 program sembako kepada masyarakat dapat disukseskan secara bersama-sama.

“Tentunya apa yang telah diupayakan dan dilakukan oleh Bupati Indramayu ini kiranya bisa kita dukung bersama, terutama dari para camat dan para kuwu/lurah yang memang sebagai tim koordinasi di tingkat kecamatan dan juga desa,” tutupnya.

Usai sambutan kegiatan Bimtap Tim Koordinasi Bansos pangan Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2022 dilanjutkan dengan pemaparan materi dari sejumlah narasumber.

No More Posts Available.

No more pages to load.