Pj Bupati Cilacap Ajak Masyarakat Manfaatkan Sampah

img 20230228 wa0002

CILACAP, Revolusinews.com – Penjabat (Pj) Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkan sampah yang ada di sekitar menjadi barang yang bernilai rupiah. Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Cilacap dalam acara puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 Cilacap Peduli Sampah Fest di Alun-Alun Kabupaten Cilacap, Minggu (26/2/2023).

Peringatan HPSN di Kabupaten Cilacap tahun ini mengangkat tema, “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Senada dengan tema, dalam acara ini ditampilkan bagaimana sampah dan barang bekas mampu diolah dan ditukar menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual. Sebagai contoh, koran, sampah daun kering dan plastik di tangan guru dan anak-anak sekolah bisa menjadi busana dengan nilai seni tinggi.

Maka dari itu, Penjabat Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar mengimbau kepada masyarakat untuk mulai peduli dengan sampah khusunya sampah rumah tangga. Mulai dari mengurangi jumlahnya, memilah dan memisahkan berdasarkan jenis dan cara pengolahan hingga mengelola sampah menjadi hal yang lebih bermanfaat.

“Peduli sampah itu penting, setiap hari kita menghasilkan sampah. Siapa yang mau mengolah? Siapa yang mau memanfaatkan? Salah satu upaya yang bisa kita lakukan yaitu mulai dari menguranginya dulu, sebagai masyarakat, kita kurangi dulu produksi sampah harian kita, kemudian bagaimana mengolahnya, mulai dengan dipisah dulu, sampah yang akan diolah di RDF, sampah yang akan didaur ulang, kita pisahkan dulu,” ujar Yunita.

Proses-proses ini yang menurut Yunita perlu diedukasikan kepada masyarakat. Karena sebenarnya jika diolah dan dikelola dengan baik sampah bisa menjadi uang bahkan penghasilan.

“Bisa dilihat bahwa sampah-sampah yang diolah dan dikelola dengan baik ternyata bisa menjadi uang bahkan penghasilan. Jadi dampak dari mengelola sampah itu ternyata bisa menggerakan roda perekonomian,” tambahnya.

Peringatan HPSN 2023 di Kabupaten Cilacap juga sebagai bentuk peringatan suatu tragedi akibat sampah yang menelan banyak korban jiwa, yakni tragedi longsor yang terjadi di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat tahun 2005.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan pengukuhan Pengurus Persatuan Bank Sampah Nusantara (Perbanusa) Cilacap yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cilacap, dan penyerahan penghargaan bidang lingkungan kepada sekolah-sekolah Adiwiyata dan Program Kampung Iklim. (my/enka/kominfo)

No More Posts Available.

No more pages to load.