TMMD Sengkuyung Digelar Kodim 0703/Cilacap dan Dispermades di Desa Panulisan Barat Dayaeuhluhur

20230713 125708

CILACAP, Revolusinews.com – Kodim 0703/Cilacap bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap kembali menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 ini digelar di Desa Panulisan Barat, Kecamatan Dayaeuhluhur. Pembukaan ditandai Upacara di lapangan desa setempat, Rabu (12/7/2023).

Asisten Administrasi dan Umum Sekda Cilacap, Sumbowo bersama Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Yuliazi membuka TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 di Desa Panulisan Barat Kecamatan Dayaeuhluhur

Acara dihadiri Forkopimda Kabupaten Cilacap, OPD jajaran, perwakilan BUMN/BUMD, swasta, jajaran TNI, Forkopimcam Dayaeuhluhur, serta perangkat desa setempat. Asisten Administrasi dan Umum Sekda Cilacap, Sumbowo, bertindak sebagai Inspektur Upacara, mewakili Penjabat Bupati Cilacap.

Ada sejumlah sasaran dalam kegiatan kali ini. Sasaran fisik meliputi pembangunan rabat beton jalan dengan volume panjang 1.068 m selebar 2,5 meter, dengan ketebalan 0,1 meter. Selanjutnya pemasangan paving block dengan luas 269 m2, pembangunan 1 unit jembatan, dan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 3 unit.

Selain itu ada pula pelaksanaan kegiatan non fisik meliputi cek kesehatan dan pemasangan alat KB gratis, pelatihan budidaya ikan yang baik dan benar, penyuluhan hukum, dan wawasan kebangsaan.

“Ini sangat bagus dalam rangka meningkatkan nilai kebersamaan, kegotong royongan. Jangan sampai nilai-nilai itu hilang. Dengan TMMD ini terus ditumbuhkan,” terang Sumbowo usai upacara pembukaan.

Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Yuliazi menjelaskan, TMMD dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan sarana prasarana yang dibutuhkan. Adapun pemilihan wilayah sasaran didasari pengamatan dan laporan masyarakat serta anggota Babinsa.
“Kita bekerja membangun desa bukan dengan Super Man tapi Super Team.

Mulai dari pemerintah daerah, TNI/Polri, termasuk dinas, masyarakat, dan Linmas. Ini adalah sengkuyung, artinya kita bekerja sama dan bergotong royong membangun desa, ”papar Andi.

Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taufik Nurhidayat juga menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan kegiatan TMMD. Sejauh ini, TMMD merupakan salah satu kegiatan pembangunan yang benar-benar didasarkan aspirasi masyarakat, dan dirasakan langsung manfaatnya.

“Prrogram ini mesti kita dukung terus. Kalau dari Mabes TNI perintahkan hanya tiga kali setahun, kita lima kalipun siap karena adanya manfaat pembangunan karena ini dari APBD kita juga. Masyarakat terbantu, dan TNI bisa memetakan dan memberi masukan untuk Pemkab Cilacap, ”tandasnya

No More Posts Available.

No more pages to load.