Dasar Intelijen Bagi Masyarakat Umum

img 20240120 wa0003

DEPOK, Revolusinews.com – Seiring dengan perubahan zaman yang terus berkembang dengan super cepat, maka potensi dan dinamika ancaman di setiap daerah juga terus berkembang dengan segala bentuk dan kondisinya. Tugas – tugas pengamanan dalam menjaga kondusifitas Kamtibmas sejatinya menjadi tanggung jawab bersama, termasuk kepedulian masyarakat untuk menjaga agar lingkungannya tetap aman dan nyaman.

Untuk memberikan pengetahuan intelijen kepada masyarakat umum, Pusdiklat Prawita Genppari menyelenggarakan pelatihan selama 2 hari untuk membekali setiap peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dasar Intelijen sehingga mampu mengaplikasikan dalam membantu kondusifitas kamtibmas ataupun membantu penegakan hokum terhadap para pelanggar hokum, terutama yang masuk kategori extra ordinary crime (kejahatan luar biasa), yaitu korupsi, narkoba dan terorisme.

Kepada Revolusinews.com yang diterima di Depok pada Sabtu (20/1/2024), Pimpinan Pusdiklat Prawita Genppari, Dede Farhan Aulawi mengatakan, masyarakat umum perlu diberikan sebuah pengetahuan dan keterampilan di bidang intelijen agar bisa membantu aparatur keamanan dalam cegah dini dan deteksi dini sehingga tahu apa yang harus dilaporkan dan bagaimana cara melaporkannya serta kepada siapa harus melaporkan. Begitupun bagi para aktivis / pegiat anti korupsi, pegiat anti narkotika, dan pegiat anti terorisme.

“Pelatihan intelijen dasar ini akan sangat membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan agar mengetahui bagaimana cara mengumpulkan informasi, data, dan bahan keterangan lain yang diperlukan untuk memperkuat dugaan adanya praktek tindak pidana yag dilakukan oleh siapapun. Teknik dan taktik pengumpulan alat bukti juga akan memudahkan pelaporan yang disertai minimal 2 alat bukti yang sah,” ujar Dede.

Dalam pelatihan tersebut, subjek pembahasannya yaitu :

– Pengertian dan Ruang Lingkup Intelijen
– Kompetensi dan Karakteristik Personil Intelijen
– Prinsip Kerja Intelijen
– Intelijen Sebagai Badan, Kegiatan dan Produk
– Kegiatan Intelijen (Lidik, Pam, Bin-Gal)
– Siklus Intelijen
– Perencanaan Intelijen
– Pengumpulan Bahan Keterangan (Informasi dan Data)
– Teknik dan Taktik Penyelidikan
– Teknik dan Taktik Pengamanan
– Teknik dan Taktik Penggalangan
– Analisis Intelijen
– Produk Intelijen

Informasi lebih lanjut terkait pelatihan ini dapat menghubungi :
– Bu Ria : 0813-9555-2289
– Bu Ines : 0813-2498-5928

No More Posts Available.

No more pages to load.