Dispertan Cilacap Gelar Lapak Tani Jual Beli Beragam Komoditas

img 20230217 wa0028

CILACAP, Revolusinews.com – Dalam rangka upaya menurunkan inflasi, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Cilacap mengadakan acara Lapak Tani yang merupakan bazar untuk memperjualbelikan beragam komoditas dengan harga dasar sehingga lebih murah dari harga pasar di Halaman Gor Wijayakusuma, Jumat (17/2/2023).

Komoditas yang diperjualbelikan yakni cabai, bawang merah dan beras yang berasal dari Petani Hortikultura Cilacap (PHC). Tak hanya itu, Dispertan juga membagikan 3.000 benih serta 200 media tanam cabai dan bawang merah gratis kepada pengunjung bazar.

Lapak Tani merupakan tindaklanjut dari arahan Pj. Bupati Yunita Dyah Suminar melalui Surat Edaran Bupati tentang Gerakan Penanaman Cabai untuk Mengantisipasi Inflasi. Sehingga jelang lebaran, inflasi dapat terkendali dan harga kebutuhan pokok lebih stabil.

“Ini semua merupakan upaya untuk mengedukasi dan memotivasi masyarakat dalam rangka gerakan tanam cabai dan bawang merah agar tidak ketergantungan dengan stok bahan yang ada di pasar. Harga cabai dan bawang merah cenderung tinggi dan menyumbang angka inflasi, jika dirumah masih ada lahan lebih baik kita tanam sendiri. Disini kami juga bantu mencarikan solusi untuk masyarakat supaya tidak terlalu terbebani dengan harga-harga bahan yang tinggi,” ungkap Susilan, Kepala Dispertan mengakhiri.

Lapak Tani mendapat respon positif dari masyarakat. Mereka antusias dan merasa terbantu. Kedepannya, Lapak Tani akan diselenggarakan rutin oleh Dispertan dengan tujuan menciptakan masyarakat yang mandiri yang berkedaulatan pangan. (pink/Apri/kominfo)