Lantik 1.167 Pramuka Garuda, Ketua Mabicab: Kwarcab Cilacap Penuhi Target Minimal

img 20231124 wa0006 11zon

CILACAP, Revolusinews.com – Ketua Mabicab sekaligus Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri melantik 1.167 anggota Pramuka Garuda yang digelar di lapangan Desa Rawajaya, Kecamatan Bantarsari, Cilacap pada Kamis (23/11/2023).

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Ketua Mabicab Cilacap Awaluddin Muuri, A.P., M.M, Ketua Mabiran Bantarsari Drs. Hari Winarno, M.Si, Ketua Harian Mabiran Bantarsari Ikmal, S.Pd., M.Pd, Ketua Kwarran Bantarsari, Zaenudin, S.Pd, Ketua Harian Kwarcab Cilacap, Wakil Ketua (Waka) Kwarcab Cilacap H. Drs. Sudarno, S.H., M.Si, Pengurus jajaran Kwartir Cabang (Kwarcab) Cilacap, Pengurus jajaran Kwartir Ranting (Kwarran) Bantarsari, Forkopimcam Kecamatan Bantarsari, Calon  Anggota Pramuka Garuda Kwarcab Cilacap.

img 20231124 wa0005 11zon

Mengawali sambutannya, Ketua Mabicab Cilacap menyampaikan salam hormat kepada seluruh jajaran kepengurusan, tamu undangan yang telah hadir dalam acara.

“Terimakasih kepada Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) beserta pengurus jajaran, Para Wakil ketua, Mabiran, Pengurus/Andalan Kwartir Ranting (Kwarran) Bantarsari, dan semua yang terlibat hadir pada kegiatan. Pramuka pendidikan non formal, penunjang pendidikan di luar sekolah dan di luar lingkungan pendidikan keluarga,” ucapnya.

Dijelaskannya, bahwa kepramukaan merupakan pembentukan karakter bagi anak didik untuk mencetak manusia cerdas harapan bangsa.

“Bagaimana membangun karakter anak didik menjadi cerdas harapan bangsa. Anggota Pramuka berkesempatan menjadi kader pemimpin. Upaya ini senantiasa dilaksanakan melalui kegiatan kreatif, inovatif baik ketrampilan manajerial maupun ketrampilan teknik kepramukaan,” ujarnya.

Disebutkan bahwa kurun waktu 5 tahun masa bakti 2018-2023, Jawa Tengah mentarget 50.000 anggota Pramuka Garuda.

“Tiap tahunnya harus tercetak kurang lebih 185 personil Pramuka Garuda. Kwarcab Cilacap mesti mencetak 1425 anggota dengan rumus 25 dikali 5. Bahkan sekarang telah tercetak 3.081 anggota pramuka,” tuturnya.

Dia mengatakan, bahwa Kwarran Bantarsari pemecah rekor MURI dengan anggota jumlah terbanyak.

“Kwarran Bantarsari pemecah rekor MURI di Kwarcab Cilacap dengan anggota 1.167 yang dilantik hari ini, sehingga total jumlah seluruh 4248 dengan rincian Siaga 2639 anggota, Penggalang 1.213 penegak 371, dan Pandega 25 orang anggota,” rinci Awaluddin.

Kwarran Bantarsari sebagai pemecah rekor MURI di Kwarcab Cilacap. Banyumas pernah melantik 10.000 anggota Pramuka Garuda, jadi dalam hal ini pemecah rekor MURI yang disandang Kwarran Bantarsari bukan sesungguhnya.

Kwarcab Cilacap berhasil penuhi target minimal. Semua tak lepas dari amanat Kwartir Nasional (Kwarnas) yang telah dijalankan. Diharapkan, aksi nyata dilakukan dalam memperkuat keutuhan persatuan kesatuan NKRI.

“Menolong sesama, tidak memprovokasi, tidak mengganggu kamtibmas, penyebar hoax, anarkis, tidak melanggar norma hukum, tak merugikan orang lain adalah bentuk aksi nyata yang bisa dilakukan anggota Pramuka, dan sehingga dari dampak itu membawa hal positif memperkuat keutuhan, persatuan dan kesatuan dalam wadah NKRI,” pesan Awaluddin.

“Torehkan prestasi di segala sektor bidang ilmu. Kehidupan membawa nama harum, baik keluarga lingkungan, daerah bahkan bangsa dan negara,” tutupnya.

Usai pelantikan dilanjut kegiatan peletakan batu pertama pembangunan sanggar Pramuka Kwarran Bantarsari. Turut dalam prosesi Waka Kwarcab Cilacap Bidang Keuangan, H. Drs. Sudarno, S.H., M.Si. Ia berjanji akan membangun pagar Sanggar Pramuka Kwarran Bantarsari menggunakan anggaran dana pribadi.

“Bismillah, saya akan membantu matrial berupa Batako untuk pembangunan pagar Sanggar Pramuka Kwarran Bantarsari dengan volume 90 M X 1,75 M secara pribadi,” ucap Sudarno mengakhiri.

No More Posts Available.

No more pages to load.