Peluang Budidaya Kepiting Soka yang Menjanjikan di Pemalang

20230618 034753

PEMALANG, Revolusinews com – Nilai produksi kepiting Soka di pasaran ternyata sangat menjanjikan. Kepiting dengan cangkang lunak ini jadi menu populer karena kemudahan cara mengkonsumsinya. Tak heran, bukan hanya konsumen dalam negeri saja, tapi hewan bercapit ini juga banyak diburu oleh konsumen dari mancanegara.

Petani budidaya kepiting Soka saat dijumpai awak Media Revolusinews, pada Sabtu (17/6/2023), hampir rata-rata mamanfaatkan tambak dengan model campursari, yakni di dalam air kita tanam ikan bandeng dan diatasnya ditanami kepiting Soka melalu ribuan alat media kotak Crab box yang mengapung dipermukaan air.

Ali Muhsinin (28), petani budidaya kepiting soka termuda di Pemalang ketika ketemu dilokasi area tambak bercerita tentang pengalamannya menjadi petani tambak. Ia mengaku dari Desa Kendalrejo, Kecamatan Petarukan Pemalang Jawa Tengah.

Bersama Media Revolusinews, menyebutkan bahwa tambak miliknya menggunakan praktik model campursari yang ditebar ikan bandeng dan ditanam kepiting soka. Dari pengalamannya jadi petani tambak mengakumulasi modal budidaya kepiting Soka yang digeluti sejak tahun 2018. Menurutnya estimasi modal awal dari mulai tanam hingga panen tambal sulam bibit, dalam waktu satu bulan dapat keuntungan cukup lumayan.

Perhitungan estimasi modal dari mulai tanam bibit sebanyak 400 Kg yang kemudian dimasukan kotak Crab-box khusus selama 20-30 hari dari masa tanam sampai panen dengan biaya kurang lebih Rp26.200.000′- perhitungan laba mencapai Rp21.800.000′- per/bulan, “jelas Ali kepada Media Revolusinews.

Hal serupa juga disampaikan Soleh (49) petani pemula budidaya kepiting soka atau cangkang lunak dari masa tanam sampai masa panennya setiap bulan dengan cara tambal sulam bibit dari kotak Crab box/shoft Shell Crab terus menerus dengan jeda usia 20-30 hari, “ujarnya.

Diketahui budidaya kepiting Soka di Pemalang, lebih memilih cara alami dengan sistem karantina dalam kotak crab-box, satu box satu kepeting yang mengapung ditengah tambak, karena dapat menghasilkan tekstur kepiting Soka akan lebih lunak.

Budidaya kepiting soka atau cangkang lunak cara panennya tambal sulam yang diangkat dari atas air Crab box/shoft Shell Crab dengan waktu 20-30 hari dari masa tebar bibit hingga panen, “imbuh Ali dilokasi tambak, Sabtu (17/6).

Ia bercerita mulai tertarik menekuni budidaya kepiting soka sejak remaja dari pengalaman ikut kerja dengan orang lain di daerah Pekalongan pada tahun 2018. Dari pengalaman itu, ia mulai menekuni budidaya kepiting soka ditambak milik orang tua, “paparnya.

“Saya tertarik menggeluti budidaya kepiting soka karena harga jualnya tinggi,” ujar Ali dilokasi tambak ikut Desa Kendalrejo, Petarukan.

Ia juga menyebut bahwa harga jual kepiting soka saat ini Rp90 -120 ribu per kilogram. Harga itu menguntungkan. Bahkan, Ali mengaku omsetnya berjualan lancar sejak membudidayakan kepiting soka,”Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.