Apdesi Aceh Minta Presiden dan Kementerian Penuhi Keinginan Kades se-Indonesia

img 20230321 023505

JAKARTA, Revolusinews.com – Saat menghadiri acara HUT ke 9 Undang-Undang Desa di Lapangan Istora Senayan Jakarta pada Minggu (19/3/2023), Apdesi Aceh Sultan Ibrahim minta Presiden dan kementerian agar bisa memenuhi keinginan para Kepala Desa seluruh Indonesia untuk menambah anggaran 10% dari APBN.

“Apdesi Aceh sangat mengapresiasi dan mendukung adanya penambahan anggaran dana desa 10% dari APBN dalam rangka pembangunan desa,” ujar Sultan Ibrahim kepada Wartawan RNews Aceh Timur yang diterima pada Selasa (21/3/2023).

Sultan Ibrahim minta ditambahkan alokasi anggaran dana desa karena saat ini masih kurang dalam hal pelaksanaan pemerintahan mengenai anggaran dana desa yang dikucurkan  pemerintah, karena di Aceh rata – rata anggaran dana berdasarkan pertipe desa. Sehingga  tidak seluruh desa itu  sama anggarannya,

“Saya berharap kedepan  dengan adanya kenaikan anggaran dana desa 10 % kemungkinan setiap desa bisa dapat minimal di angka 3 milyar sampai dengan 5 milyar, sebab kalau untuk membangun infrastruktur di desa itu sudah tercover,” kata Sultan.

Sultan juga menambahkan terkait kalkululasi dalam pembagian dana desa selama ini masih sangat minim.

“Jadi kalau anggaran diberikan  oleh pemerintah 10 % sudah tepat, sebagai contoh salah satunya di desa saya tipe B mendapat 1 milyar, menurut kami masih kurang, karena 45 % untuk ketahanan pangan dan lain -lain, sisanya untuk posyandu balita dan posyandu lansia,” paparnya.

Di akhir keterangannya kepada para wartawan,  berharap kepada Presiden Jokowi dengan momentum HUT ke 9 UU Desa untuk menetapkan pada hari tersebut sebagai hari Desa Nasional.

“Saya berharap di ulang tahun ke 9 undang – undang desa kepada pemerintah pusat terutama kepada bapak Jokowi selaku Presiden Republik Indonesia untuk menetapkan hari ini sebagai hari Desa Nasional, kedua kami minta kepada presiden dan para menterinya bisa memenuhi keinginan kami para  Kepala Desa seluruh Indonesia,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Megawati Soekarno Putri, Luhut Binsar Panjaitan, Budiman Sudjatmiko, perwakilan Kementerian Dalam Negeri, Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Umum DPP Apdesi Surta Wijaya bersama jajaran serta Ketua DPW Apdesi seluruh Indonesia.