PIleg DPRD Lebak, Dapil 1 Kabupaten Lebak Caleg Muka Baru Unggul

inshot 20240218 213556252 11zon

Caption Poto : Regen Abdul Haris(PPP), Rifo Haryanto Putra (Demokrat)

LEBAK,Revolusinews.com – Hasil sementara perolehan suara pemilihan legislatif di daerah pemilihan (Dapil) 1 Kabupaten Lebak berjalan seru dan menarik. Pasalnya, peroleh suara legislatif di zona yang dikenal dengan sebutan zona neraka itu hasilnya di dominasi muka muka baru.

Berdasarkan informasi yang didapat di aplikasi Sirekap KPU per hari Minggu (18/02) pagi, sejumlah partai peserta pemilu di dapil 1, muka muka baru itu mendominasi perolehan suara, Partai Demokrat misalnya, caleg atas nama Rifo Heryanto Putra unggul dengan perolehan suara 508, disusul oleh nurul Auliah dengan raihan suara 329.

Begitupun dengan partai PPP, caleg atas nama Regen Abdul Haris memperoleh suara 1.099, disusul oleh caleg petahana Maman Sudirman dengan raihan suara 261. Kemudian, partai Golongan Karya, Maman Sutaryadi meraih suara sebanyak 694, kemudian disusul oleh Delima Septia Suciyati dengan raihan sebanyak 693.

Sementara partai PKS, di dapil 1, nama baru juga menjadi sorotan karena memiliki keunggulan, caleg PKS atas nama Erik Heriana mendapatkan perolehan suara sekitar 1.111, disusul oleh KH Ala Rotbi sekitar 495 suara. Kemudian Partai Nasdem pun bernasib sama, lantaran caleg baru meraih keunggukan suara, seperti Imam Septiana yang memperoleh suara sekitar 648.

Akan tetapi, hasil berbeda di dapat partai PDIP dan Gerindra. Pasalnya untuk kedua partai itu, caleg petahana masih kokoh dan unggul atas kompetitornya. Untuk PDIP misalnya, Enden Machyudin unggul dengan raihan suara 666, disusul oleh dr Juwita Wulandari, dengan raihan 601 suara. Kemudian untuk Gerindra, caleg petahana, Eeng Zaenal Faozi unggul dengan raihan suara 694.

Hasil perolehan sementara versi 17 Februari 2024 diatas merupakan progres dari 405 dari 831 TPS atas sekitar 48,74 persen.

Kasubag Teknis Penyelenggaraan Pemilu pada KPU Lebak, Rudi mengatakan, hasil sementara itu tertera di website KPU. Selanjutnya untuk infomasi akurat akat terlihat setelah rapat Pleno tingkat PPK Kecamatan yang akan berlangsung pada Minggu 18 sampai dengan 24 Februari 2024.

“Kita mulai lakukan Pleno tingkat Kecamatan. Hasilnya nanti baru ketahuan, jadi kita nantikan saja hasilnya satu pekan ke depan,”kata Rudi.

Terpisah, Achmad Syarif, tim sukses Regen Abdul Haris membenarkan jika caleg jagoannya itu memperoleh suara terbanyak di dapil 1. Bahkan raihannya akan mencatat sejarah di dapi 1, karena berhasil memperoleh suara 11 ribu.

“Hasil itu merupakan data yang kita kumpulkan berdasarkan berkas C1 yang dilaporkan tim di setiap TPS, doanya saja diberikan kemudahan,” kata Achmad Syarif.(Asep DM)