Persiapan Arus Mudik Lebaran 2024, Kadishub Jakarta Tinjau Terminal Kalideres

img 20240321 wa0016

JAKARTA BARAT, Revolusinews.com – Meski ibadah puasa Ramadhan sudah 10 hari, Pihak Suku Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah menyiapkan pelayanan penumpang mudik lebaran 2024. Kadihub DKI Jakarta Syafrin Liputo kamis siang bersama rombongan mengecek kesiapan pelayanan mudik lebaran di terminal Kalideres Jakarta Barat, pada Kamis (21/03/2024).

Syafrin yang datang di dampingi Ka UPT Syamsul Nirwan, Kasudinhub Jakarta Barat Muslim, Ka UP PKB Kedaung Angke Christanto dan Kater Kalideres Revi Zulkarnaen mengecek sarana kesiapan untuk pelayanan mudik yang akan di mulai 3 april sampai dengan 14 april 2024.

img 20240321 wa0017

“Hari ini kami meninjau terminal Kaliaderes Jakarta Barat untuk kesiapan pelayanan mudik lebaran yang dimulai 3 april sampai dengan 14 april 2024,” kata Syafrin.

Adapun kata Syafrin kesiapan peninjauan untuk sarana prasarana pelayanan yang menunjang atau mendukung untuk penumpang, yaitu sarana pengecekan ramcek, kesehatan, pos pantau lebaran dan lainnya.

Diakui Syafrin kesiapan sudah mencapai 80%, dan dirinya berharap pada hari minggu sudah ada kesiapan pada beberapa sarana pelayanan mudik.

Dia juga harapkan untuk pelayanan mudik akan lebih baik nantinya kepada penumpang, bahkan untuk pengecekan kelayakan bus yang akan mengangkut penumpang pada mudik lebaran. Menurut Kadishub dia juga mengantisipasi lonjakan penumpang mudik lebaran Jabodetabek sekitar 28,4 juta.

“Untuk mengantisipasi loonjakan jabodetabek menurut Kementrian Perhubungan sekitar 28,4 juta warga Jabodetabek yang mudik, Untuk itu khusus pemprov DKI Jakarta menyiapkan angkutan bus sekitar 2.258 armada yang dikelola 152 PO.Bus,” sebut Syafrin.

Selain itu untuk antisipasi lonjakan penumpang Pemprov DKI Jakarta menyiapkan bus bantuan saat ini yang terdata sekitar 150 unit bus.Syafrin pun melarang untuk operator bus yang menggunakan klakson telolet yang bisa membahayakan.

Kemudian Syafrin menjelaskan, sebelumnya bus di lakukan pemeriksaan ramcek kemudian jika tidak lulus ramcek tidak dapat untuk pengangkutan penumpang, hal ini untuk keselamatan,” jelas Syafrin.

Masih kata Kadishub, pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan bus gratis sebanyak 469 bus untuk penumpang 18.760 jiwa dan 23 truck dan akan diberangkatkan dari Monas pada 4 april tujuan 6 kota19 kabupaten Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur, sedangkan truck pada 3 april tujuan 7 kota.

Sedangkan harus baliknya ada 210 bus dari 19 kota kabupaten, kemudian mekanisme untuk mudik gratis sudah di buka 20 maret dan ditutup 31 maret. Diterangkan Syafrin, bagi penumpang yang ingin mudik gratis cukup menggunakan KTP dan kartu keluarga, sedangkan untuk motor yang diangkut truck di lakukan dengan menggunakan STNK pemilik.