PKBM Annisa Cilacap Lepas 142 Peserta Didik Kesetaraan

img 20240506 wa0011

CILACAP, Revolusinews.com – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Annisa melepas 142 peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikan diikuti 73 peserta Paket C, 44 peserta Paket B, dan 25 peserta Paket A setara SD. Acara berlangsung di Hotel Azana Asia, Jalan Gatot Subroto Cilacap, pada Minggu (5/5/2024).

Ketua PKBM Annisa, Anik Ananingsih, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian para peserta didik yang tidak hanya menyelesaikan pendidikannya. Terlebih mereka juga telah menguasai berbagai keterampilan kewirausahaan.

img 20240506 wa0010

“Hari ini telah dilaksanakan ujian untuk 10 bidang usaha yang kami ajarkan, mulai dari tambal ban, las, barber shop, hingga pembuatan brownies bag,” ujar Anik.

Lebih lanjut, Anik menekankan pentingnya keterampilan ini, terutama bagi mereka yang mungkin tidak melanjutkan ke pendidikan tinggi.

“Kami telah membekali mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja, dan kami bangga bahwa banyak dari alumni kami telah diterima di perguruan tinggi ternama,” tambahnya.

Seiring perkembangan teknologi, tantangan yang dihadapi PKBM Annisa menurut Anik juga semakin kompleks. Untuk itu pihaknya merasa perlu meningkatkan kompetensi para tutor, karena ilu pengetahuan juga turut berkembang secara dinamis.

Pada kesempatan yang sama, Bunda Dikmas Kabupaten Cilacap, Fitri Awaluddin Muuri, yang juga Ketua Dekranasda Kabupaten Cilacap, menyampaikan sambutannya.

“Pendidikan bukan hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang membangun jaringan dan keterampilan hidup yang akan membantu kita mencapai kesuksesan,” kata Fitri.

Menurut Fitri, PKBM Annisa telah menjadi contoh yang luar biasa dalam memberikan pendidikan yang holistik, mengintegrasikan keterampilan hidup dan kreativitas ke dalam kurikulumnya. Diharapkan para alumni dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat sebagai tenaga kerja yang terampil di berbagai sektor.