Gerindra Cilacap Buka Peluang Koalisi Hadapi Pilkada 2024 Mendatang

img 20240328 wa0009

CILACAP, Revolusinews.com – Usai memenangi Pilpres pada 14 Februari 2024 lalu, partai Gerindra Cilacap berpeluang membuka Koalisi bersama partai lain hadapi Pilkada serentak yang akan digelar 27 November 2024 mendatang.

Dalam hal ini Partai Amanat Nasional (PAN) yang diketuai Muhammad Hanafi merupakan partai yang memanfaatkan peluang koalisi pertama yang dibuka partai Gerindra. Kedua partai sepakat menjalin kerjasama menghadapi Pilkada di Cilacap. Pertemuan dalam agenda silaturahmi kedua ketua partai digelar di Aston Iin Hotel, Rabu (27/3/2024) sore.

Koalisi ditandai dengan penandatangan bersama oleh kedua partai yang dilakukan oleh Ketua dan Sekretaris, disaksikan pengurus, para anggota Fraksi dan sejumlah kader masing-masing Partai.

“Beberapa waktu yang lalu kami intens berkomunikasi dalam rangka menyiapkan perhelatan Pilkada di Kabupaten Cilacap, dan hari ini kami bersilaturahmi dengan DPD PAN,” ucap Suyatno Ketua DPC Partai Gerindra Cilacap.

“Kami sementara baru modal dulu sesuai undang-undang 10 kursi, dan awal Gerindra – PAN cukup mengusung untuk calon bupati dan wakil bupati Cilacap,” tuturnya.

Diungkapkan, bahwa pihaknya membuka peluang bagi partai lain yang mau bergabung bersama partai Gerindra. “Kami membuka diri dan akan menjalin komunikasi dengan teman-teman dari partai lain untuk berkoalisi,” terangnya.

Ditambahkan lebih lanjut, bahwa partainya telah menyiapkan kader terbaik yang akan diusung untuk menjadi calon bupati.

“kami sudah siapkan beberapa calon dan siap untuk bertarung, dari PAN sendiri juga sudah ada,” imbuhnya.

Kendati demikian, pihaknya akan menunggu dan membuka peluang pendaftaran bagi warga masyarakat maupun tokoh masyarakat yang ingin ikut di dalam kompetisi calon bupati Cilacap.

“Semua mendapat kesempatan baik dari internal maupun eksternal partai. Kita sementara tidak pakai kriteria, namun dalam mekanismenya nanti tentu harus ada kriteria-kriteria,” ungkap Suyatno. 

“Pada pendalaman nanti bisa terlihat mana yang memenuhi syarat atau tidak,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Cilacap, Muhammad Hanafi mengatakan partai yang dipimpinnya siap bekerja sama dalam menghadapi Pilkada 2024 mendatang.

“Kita fokus pada kendaran dulu. kita tidak mungkin menjaring calon kalau kendaraan belum ada. Minimal kendaraan sudah ada, tinggal kita konsolidasi ke masyarakat, kemudian menjaring calon yang memiliki kriteria untuk bisa menjadikan Cilacap lebih maju,” singkat Hanafi.