Ketua DPRD Titipkan Amanat Masyarakat Serahkan Pataka kepada Pj Bupati Cilacap

img 20240322 wa0007

CILACAP, Revolusinews.com – Penjabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri menerima Pataka Lambang Kabupaten Cilacap dalam Rapat Paripurna Hari Jadi Cilacap Ke-168 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Cilacap, Kamis (21/3/2024).

Pataka ini adalah symbol amanat masyarakat yang diberikan oleh Ketua DPRD kepada Bupati yang menjabat.

Rapat Paripurna HUT Ke-168 Kabupaten Cilacap dipimpin oleh Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat.

Hadir dalam rapat tersebut Penjabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri, para Wakil Ketua DPRD, Perwakilan Forkopimda, anggota DPRD Kabupaten Cilacap dan perwakilan Kabupaten tetangga, serta para pejabat di lingkungan Kabupaten Cilacap yang menggunakan pakaian khas Kabupaten Cilacap.

Rapat kali ini dibacakan Riwayat Singkat Hari Jadi Kabupaten Cilacap oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Sujito serta pembacaan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 6 tahun 1992 tentang Penetapan Hari Jadi Kabupaten Cilacap oleh Sekretaris Dewan Kabupaten Cilacap, Sumaryo.

Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat mengatakan mengatakan bahwa momen ulang tahun Ke-168 Kabupaten Cilacap adalah momen untuk introspeksi dan mengobarkan semangat masyarakat untuk ikut serta dalam pembangunan.

“Peringatan hari jadi ini harus mampu menggelorakan semangat masyarakat Kabupaten Cilacap untuk mengambil peran strategis dalam pembangunan melalui semangat kepeloporan, keteladanan, dan keikutsertaan di dalam setiap kegiatan pembangunan,” ucapnya

Selain itu, Taufik mengatakan, meski tiga tahun terakhir HUT Cilacap dirayakan oleh Bupati yang berbeda, namun prestasi dan penghargaan terus diraih oleh Kabupaten Cilacap menadakan bahwa Kabupaten Cilacap mampu dipimpin oleh siapapun.

“Pada 2022 kita terkaget ada Penjabat Bupati, Bu Yunita, ternyata menelurkan kebanggaan dan prestasi yang luar biasa. Hari ini (sudah) 3 bulan dipimpin Penjabat Bupati Cilacap yang baru saya yakin masyarakat Cilacap, para OPD hari ini peringatan 168 ini menjadi momen introspeksi ternyata kita mampu, dipimpin oleh siapapun kalau kita bersatu kita pasti kuat dan mampu,” terangnya.

Maka Ketua DPRD Kabupaten Cilacap berharap pada Pemilihan Kepala Daerah mendatang, Kabupaten Cilacap bisa mendapatkan pemimpin yang mampu membawa Kabupaten Cilacap semakin sejahtera dan bercahaya.

“Maka 2024 ini yang akan menghasilkan pemimpin harapan kita nanti Tuhan menurunkan Bupati, pemimpin Cilacap yang bisa mengayomi, yang bisa ngayemi dan Cilacap menjadi Kabupaten yang sejahtera, kabupaten yang lebih bercahaya, baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” harapnya.

Penjabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat atas seluruh prestasi yang telah diraih oleh Kabupaten Cilacap.

“Saya secara pribadi dan Pemerintah Kabupaten Cilacap berterima kasih atas kontribusi seluruh masyarakat dalam upaya memajukan Kabupaten Cilacap. Sehingga prestasi dan penghargaan yang selama ini kita peroleh, baik dari Pemerintah Provinsi maupun dari Pemerintah Pusat, adalah berkat kerja keras kita bersama,” tuturnya.

Awaluddin berharap momen Hari Jadi ini Pemerintah Kabupaten Cilacap bisa menyusun program-program yang baik bagi masyarakat pada tahun 2024.

“Terkait dengan hari ulang tahun ini kebetulan bersamaan dengan momentum kebetulan di Bulan puasa mudah-mudahan kita bisa menyusun program-program yang baik dan untuk tahun 2024 kami membuat program 10 Program Prioritas Pj Bupati Cilacap. Program yang memang merupakan turunan program dari Pemerintah Pusat atas permasalahan yang harus kita selesaikan di daerah,” jelasnya.

Rapat Paripurna ditutup dengan penyerahat Pataka Lambang Kabupaten Cilacap dari Ketua DPRD Kabupaten Cilacap kepada Penjabat Bupati Cilacap sebagai representasi amanat masyarakat.