Sanggar Quran AL-Adwa Rangkasbitung Cetak Generasi Cinta Al Quran

img 20240321 222743 11zon

LEBAK,Revolusinews.com – Sanggar Quran Al- Adwa Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Peovinsi Banten mencetak generasi mencintai Al Quran dengan peserta anak-anak usia 6 sampai 15 tahun.

“Kita menyelenggarakan pendidikan nonformal khusus untuk pendalaman membaca Al Quran untuk anak – anak,” kata Ketua Sanggar Quran Al- Adwa Rangkasbitung Kabupaten Lebak Ustad Dimas di Rangkasbitung, Kamis (21/3/2024).

Selama ini, anak – anak di Kabupaten Lebak dinilai kurang mencintai Al Quran dan mereka kebanyakan bermain setelah pulang dari sekolah.

Selain itu, anak-anak sekarang yang seharian penuh mengoperasikan handphone, sehingga waktu dihabiskan begitu saja.

Karena itu, dirinya sejak dua tahun terakhir menyelenggarakan pembelajaran membaca Al Quran yang pesertanya anak-anak. Tujuan pembelajaran ini untuk memotivasi anak-anak ke depannya sebagai generasi yang mencintai Al Quran, sekaligus memberantas buta huruf Al Quran.

Untuk pembelajaran selama Ramadhan dari Senin sampai Kamis dan dilakukan pukul 14.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Sedangkan pembelajaran di luar bulan Ramadhan dilaksanakan hari Senin sampai Jumat.

Lokasi Sanggar Quran Al- Adwa Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Banten berlokasi di Jalan Hardiwinangun depan BRI Cabang Rangkasbitung.

Para pengajar di Sanggar Quran Al- Adwa Rangkasbitung sebanyak 15 orang dan kebanyakan dari lulusan pondok pesantren tahfidz Al Quran, dan beberapa diantaranya ada mahasiswa dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI).

Sedangkan para peserta yang belajar Al Quran di sini sebanyak 250 anak dan mereka kebanyakan warga Kabupaten Lebak.

Dari 250 anak itu, kata dia, nantinya pembelajaran dengan sistem kelompok untuk anak yang sama sekali belum mengetahui huruf Al Quran, juga kelompok yang sudah mampu membaca Al Quran.

“Kami berharap anak-anak sebagai generasi bangsa ke depannya dapat mencintai Al Quran,” kata lulusan Ponpes Tahfidz Al Quran di Ciamis, Jawa Barat.

Sementara itu, Alisah (8) seorang peserta mengaku dirinya merasa senang bisa belajar membaca Al Quran di Sanggar Qur’an Al-Adwa Rangkasbitung setelah pulang sekolah, bahkan ia sudah mampu membaca surah pendek Juz Amma.

“Kami belajar membaca Al Quran di sini hanya tiga pekan sudah bisa membaca surah pendek dengan dibimbing pengajar,” kata Alisah. (Asep DM)